Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Program Kesehatan Gratis di Lampung Utara Baru Sebatas Cita-cita

Program Kesehatan Gratis di Lampung Utara Baru Sebatas Cita-cita

158
BERBAGI

Feaby/Teraslampung.com

Kepala Dinas Kesehatan Lampug Utara Prasetyo Heri Hermawan

Kotabumi–Program kesehatan gratis dan berkualitas yang men‎jadi bagian dari tujuh program unggulan Pemkab Lampung Utara (Lampura) sepertinya masih sebatas cita – cita. Pasalnya, Dinas Kesehatan Lampura yang notabene menggawangi bidang kesehatan hingga kini masih belum memiliki cara yang tepat untuk merealisasikan program unggulan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara tersebut.

Indikasi ini mulai meruap kala wartawan media ini mewawancarai Kepala Dinas Kesehatan‎ (Kadinkes) Lampura, Prasetyo Heri Hernawan ihwal program unggulan Bupati dalam bidang kesehatan tersebut. Kadinkes tersebut ternyata tak mampu menjelaskan rinci apakah program kesehatan gratis ini hanya untuk sebagian warga yang menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau warga Lampura secara keseluruhan. 

Bahkan saat ditanya berapa jumlah warga Lampura yang menjadi peserta JKN, Kadinkes ini tak mampu menyebutkan kisarannya. Ia malah menyarankan untuk datang kembali di kemudian hari jika ingin mengetahui berapa jumlah warga Lampura yang menjadi peserta JKN dan tidak. 

“(Peserta) JKN itu kan termasuk masyarakat Lampung Utara. Makanya besok gini, kapan kamu ke sini, nanti ada datanya berapa sih. Kemarin saya sudah baca, ini (warga) yang dibayar oleh JKN (dan) berapa orang yang enggak tertampung oleh JKN. Tapi enggak ada daftarnya, gimana??” kelit dia.

‎Kendati demikian, ia tak memungkiri bahwa dalam kenyataannya masih banyak warga Lampura pelayanan kesehatannya tidak turut ditanggung oleh JKN atau dengan kata lain berobat dengan biaya sendiri. “(Memang) ada. Saya enggak mungkirin itu.nah itulah (gunanya) ada pendataan kembali kek mana‎ (menentukan kebijakan bagi warga yang tak menjadi peserta JKN),” dalihnya.

Diketahui, selain fokus terhadap bidang pendidikan, penyediaan bibit gratis, keagamaan, keamanan, pemerintahan, program kesehatan juga tak luput dari perhatian dan menjadi bagian dari program unggulan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara.

Baca Juga: Sosialisasi Program Kesehatan Gratis di Lampung Utara Kurang Maksimal