Program Kotaku Lampung Utara Dilaporkan ke Kementerian PUPR

  • Bagikan
‎Ketua PGK Lampura, Exsadi saat melaporkan temuan mereka seputar program Kotaku di Kementerian PUPR
‎Ketua PGK Lampura, Exsadi saat melaporkan temuan mereka seputar program Kotaku di Kementerian PUPR

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Perkumpulan Gerakan Kebangsaan Lampung Utara ternyata telah melaporkan pengalihan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Kelurahan Kotaalam pada Desa Candimas, Abung Selatan kepada pihak berwenang. Mereka menilai pengalihan lokasi program Kotaku itu diduga cacat hukum.

“Dugaan pelanggaran dalam pengalihan lokasi itu‎ telah kami laporkan ke sejumlah pihak berwenang di Jakarta pada pertengahan bulan lalu,” jelas Ketua PGK Lampung Utara, Exsadi, Senin (7/12/2020).

Exsadi mengatakan, pengalihan lokasi dari Kotaalam ke Candimas diduga cacat hukum. Hal itu dikarenakan landasan hukum yang digunakan bertentangan dengan landasan hukum di atasnya. Dalam surat keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 167/KPTS/M/2020, Kotaalam termasuk daerah penerima Kotaku. Nama Kotaalam kemudian hilang dari daftar penerima Kotaku dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR pada bulan September 2020.

“Dalam hierarki hukum, surat keputusan Dirjen tidak dapat menganulir keputusan menteri,” tegas dia.

Di samping melaporkan seputar pengalihan lokasi, pihaknya juga turut melaporkan temuan mengenai pengerjaan program Kotaku yang diduga tidak sesuai mekanisme di lapangan termasuk pembentukan organisasi yang melaksanakannya di lapangan.

“Kuat dugaan, pelaksanaannya ada yang dilakukan oleh pihak ketiga,” paparnya.

Di sisi lain, Ketua Lembaga Keswadayaan Masyarakat Kotaalam yang sempat dibentuk untuk menangani Kotaku, Wahyudi Ampera membenarkan temuan PGK seputar program Kotaku yang gagal di daerahnya. Bahkan, menurutnya, tersiar kabar bahwa pengalihan lokasi Kotaku itu akibat intervensi oleh ‘orang – orang kuat’.

“Kami juga heran kok bisa program itu dialihkan ke Desa Candimas. Padahal, sebelumnya telah dibentuk LKM untuk pelaksanaan program itu,” kata dia.

Loading...
  • Bagikan