Program Peningkatan Infrastruktur Mantap, Wujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Untuk mewujudkan Kabupaten Lampung Barat Hebat dan Sejahtera yang digaungkan Bupati Lampung Barat – Wakil Bupati Lampung Barat periode 2017-2022 Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin (PM), berbagai program digalakkan dalam tujuh program unggulan. Salah satunya adalah Program Peningkatan Infrastruktur Mantap. Itu merupakan program unggulan pertama dari tujuh program unggulan Bupati Parosil Mabsus.

Untuk menyukseskan program Peningkatan Infrastruktur Mantap tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lampung Barat (Lambar) melaksanakannya dengan mengembangkan wilayah melalui pembangunan infrastruktur secara berkeadilan dengan memperhatikan aspek mitigasi bencana dan berwawasan lingkungan.

Tujuannya adalah terwujudnya infrastruktur jalan dan jembatan dalam kondisi mantap, tersedianya jaringan irigasi dalam kondisi baik, meningkatnya perumahan yang memenuhi standar kelayakan dan kesehatan, serta meningkatnya pemanfaatan tata ruang sesuai dengan peruntukan.

Program Dinas PUPR merupakan program prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang sesuai dengan tugas dan fungsi Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Rencana program prioritas beserta indikator keluaran program dan pagu per OPD sebagaimana tercantum dalam rancangan awal RPJMD, selanjutnya dijabarkan OPD kedalam rencana kegiatan untuk setiap program prioritas tersebut.

Pemilihan kegiatan untuk masing-masing program prioritas ini didasarkan atas strategi dan kebijakan jangka menengah OPD. Untuk mengimplementasikan kebijakan prioritas pembangunan bidang infrastruktur pekerjaan umum, kurun waktu tahun 2017-2022 Dinas PUPR telah melaksanakan 16 Program yang mengacu pada RPJMD Kabupaten Lampung Barat 2017-2022.

Ke-16 program tersebut di antaranya adalah meningkatkan kualitas jalan dan jembatan dengan adanya Program Pelayanan Administrasi Perkantoran, Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur, Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan
Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Program Pembangunan Jalan dan Jembatan serta Program Rehabilitasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan.

Bupati Parosil Mabsus dan GM PLN Lampung meresmikan  program listrik masuk desa di 17 pekon di Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh, Rabu malam (21/3/2018).

Kemudian dalam meningkatkan kualitas jaringan irigasi, diadakan Program Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Irigasi, Rawa dan Jaringan Pengairan lainnya serta Program Pengendalian Banjir. Selanjutnya dalam meningkatkan kualitas sarana prasarana dan utilitas permukiman, diadakan Program Pembangunan saluran drainase/gorong-gorong/trotoar, Program Pengembangan Kinerja Pengelolaan air minum dan air limbah, Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan serta Program pembangunan dan rehabilitasi fasilitas umum.

Dalam meningkatkan kualitas perumahan, adanya Program Lingkungan Perumahan dan Permukiman, Dalam meningkatkan pemanfaatan ruang sesuai dengan RT/RW diadakan Program Perencanaan Tata Ruang dan Program Pengendalian Pemanfaatan Ruang.

Kebun Raya Liwa, Lampung Barat

Terakhir, untuk memenuhi ketersediaan lahan sesuai dengan tata ruang, adanya Program Penataan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah. Capaian keberhasilan program Peningkatan Infrastruktur Mantap itu dapat dilihat dari persentase penguatan jalan poros antar Kecamatan dan jalan Kabupaten dengan uraian sampai tahun 2020 untuk jalan mantap mencapai 62,68% dengan target s.d tahun 2022 sebesar 80,00%. Sedangkan untuk jembatan mantap s.d tahun 2020 mencapai 78,33% dengan target 87,22% di tahun 2022.

Kemudian dalam memantapkan infrastruktur pendukung perekonomian dan Kesra seperti irigasi, listrik dan sarana air bersih, capaian itu dapat dilihat dari irigasi berfungsi baik s.d tahun 2020 capaian itu mencapai 53% dengan targer 60% di tahun 2022.

Selanjutnya untuk Air Minum Layak, capaian sampai dengan tahun 2020 mencapai 250.426 Jiwa dengan target s.d tahun 2022 sebanyak 300.307 jiwa, Sanitasi Layak capaian s.d tahun 2020 mencapai 81.621 KK dengan target s.d tahun 2022 sebanyak 84.028 KK.

Terakhir untuk Desa Teraliri Listrik, capaian hingga 2020 sudah mencapai sebesar 98,53% dengan target di tahun 2022 mendatang sebesar 100 persen.***

  • Bagikan