Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Program PTSL, 930 Warga Kotaalam Lampura Terima Sertifikat Tanah

Program PTSL, 930 Warga Kotaalam Lampura Terima Sertifikat Tanah

466
BERBAGI

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–‎Sebanyak 930 warga Kelurahan Kotaalam, Kotabumi Selatan, Lampung Utara mulai menerima sertifikat tanah yang masuk dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019. Prosesi penyerahan sertifikat ini dilakukan Aula Gedung Syuhada, Kotabumi, Rabu (13/11/2019).

“Alhamdulillah, pembagian sertifikat PTSL tahap I sudah kita bagikan hari ini,” jelas Lurah Kotaalam, Felix Sulandana usai penyerahan sertifikat secara simbolik kepada warga.

Felix mengatakan, total warga yang mengikuti program PTSL di kelurahannya berjumlah 1.138 orang. Program PTSL ini dibagi ke dalam dua tahap.
Rinciannya, 930 orang untuk tahap pertama dan 208 orang untuk tahap kedua.

“Total sertifikat yang dibagikan hari ini berjumlah 930 orang,” tuturnya. Sisanya masih dalam proses di Badan Pertanahan Nasioal,” urai dia.

Ia berharap, warga dapat mempergunakan sertifikat yang telah mereka terima‎ dengan bijaksana. Sebab, sertifikat merupakan bukti hak kepemilikan tanah yang sah dan memiliki kekuatan hukum.

“Sertifikat ini bukti hak ‎yang sudah memiliki kekuatan hukum. Jadi, bijaksanalah dalam mempergunakannya,” pintanya.

Di sisi lain, Ketua Tim 3 PTSL dari BPN, Masri Chaniago mengatakan, sertifikat tanah yang diberikan ini merupakan bukti hak yang sah. Dengan demikian, status tanah yang mereka miliki telah memiliki kekuatan hukum kuat.

“Sertifikat ini sudah menjamin kepastian hukum sehingga tidak akan terjadi lagi pergeseran – pergesaran patok batas tanah,” kata dia.

Untuk Lampung Utara sendiri telah ada 25.000 sertifikat yang telah diterbitkan, sedangkan jumlah warga yang mengikuti PTSL di Kotaalam berjumlah 1.138 orang.

“Untuk tahap ke dua di Kotalam akan dibagikan di bulan Desember mendatang,” terangnya.