Beranda Pendidikan Program Seragam Sekolah Gratis di Lampura Diprediksi Gagal pada 2021

Program Seragam Sekolah Gratis di Lampura Diprediksi Gagal pada 2021

133
BERBAGI
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara (Ilustrasi Foto: /Teraslampung|Feaby Handana))

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Program pengadaan seragam sekolah gratis untuk para pelajar ‎SD-SMP di Lampung Utara sepertinya tidak akan kembali terealisasi pada tahun 2021 mendatang. Padahal, program itu merupakan salah satu janji politik pasangan Abdi (Agung Ilmu Mangkunegara – Budi Utomo) saat bertarung dalam Pilkada tahun 2018 silam.

“Programnya memang ada, tapi dalam Dokumen Pelaksanaan Anggarannya (DPA) nilainya kosong,” ‎kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Suma Wibawa, Selasa (10/11/2020).

Suma beralasan, belum adanya anggaran yang tertera dalam DPA itu bukanlah kewenangannya melainkan kewenangan pihak keuangan. Pihak keuangan yang dimaksud ialah Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA).

“Nanti, mereka (BPKA) yang mengisinya,” ‎terang dia.

Kendati demikian, pejabat yang berperawakan tinggi besar ini mengatakan, ‎program pengadaan seragam sekolah gratis itu merupakan salah satu program dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Lampung Utara. Dengan demikian, hanya persoalan waktu saja kapan program itu akan dilaksanakan.

“Program itu masuk dalam RPJMD,” jelasnya.

Pada tahun 2019 silam, program pengadaan itu sempat akan dilaksanakan. Akan tetapi, dalam perjalanannya program itu gagal terlaksana dengan alasan ketersediaan anggaran.

Program seragam sekolah gratis adalah salah satu janji politik pasangan Abdi saat bertarung untuk memikat hati rakyat dalam Pilkada lalu. Pasangan Abdi kerap menggembar – gemborkan rencana itu di hadapan ratusan warga saat berkampanye.