Beranda News Pusiban Program Umrah Gratis 2015, Pemrprov Lampung akan Berangkatkan 250 Orang

Program Umrah Gratis 2015, Pemrprov Lampung akan Berangkatkan 250 Orang

159
BERBAGI
Ilustrasi ibadah umrah

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com–Umrah gratis masih menjadi program ‘andalan’ Pemrprov Lampung. Setelah sempat jadi persoalan pada era Gubernur Sjachroedin karena diduga banyak peserta fiktif, Gubernur Lampung Ridho Ficardo kembali mencanangkan program umrah gratis pada 2015 dengan dana Rp 6,8 miliar. Dana sebesar itu akan dipakai untuk memberangkatkan 50 orang.

“Biro Pembinaan Mental Pemrov Lampung sedang memverifikasi berkas, Kemungkina Maret mendatang sudah mulai diberangkatkan,” kata Kepala Biro Mental Ratna Dewi, Kamis (29/1).

Menurut Ratna,  verifikasi peserta umrah ini akan melibatkan Biro Hukum, Inspektorat, Biro Keuangan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, serta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung. (Baca:Kasus Umrah Fiktif di Era Sjachroedin Z.P Jadi Perhatian Kejati Lampung).

“Umroh  tahun ini sekitar 250 orang. Saat ini tim sedang verifikasi berkas para pendaftar, siapa yang memenuhi syarat untuk diberangkatkan,” kata Ratna., Kamis (29/1).

Menurut dia anggaran umroh tahun ini menurun dari tahun 2014 lalu, sebanyak 850 orang. Tahun ini anggaran umrah gratis sebesar Rp6,8 milyar, dana ini diestimasikan bagi 250 orang.

“Penurunan ini karena program APBD Lampung fokus untuk infrastrukur dan pendidikan. Kalau anggaran itu ada sisa akan kita kembalikan ke kas daerah,” jelasnya.

Dari 250 jamaah umroh ini terbuka untuk umum berasal dari unsur tokoh masyarakat, pemuda, kepala desa, pengurus pengajian/masjid, Pegawai Negeri Sipil (PNS), maupun pensiunan PNS.

Pemprov Lampung juga memberikan penghargaan dalam bentuk pembinaan rohani kepada umat agama lain yang ada di provinsi ini. Umat beragama yang akan memperoleh penghargaan itu diantaranya umat kristiani dan protestan yang akan diberangkatkan ke Yerusalem, umat Budha ke Thailand, dan umat Hindu ke India.

“Masing-masing umat terdiri dari lima orang, total yang berangkat berjumlah 20. Anggaran untuk pembinaan rohani ini sekitar Rp600 juta,” ujarnya.

Mas Alina Arifin


Baca Juga: Program Umrah Sudah Sedot Dana Rp 21,5 Miliar
Baca Juga: Banyak Wartawan di Lampung Ikut Umrah Gratis