Program WASH in HCH, Cara YKWS Kembangkan Puskesmas Inklusif di Kota Metro

  • Bagikan
. Program Wash in HCF di Kota Metro dibuka secara resmi oleh Walikota Metro dr. Wahdi, Sp.OG (K) di ruang rapat rumah dinas Walikota Metro, Rabu (14/7/2021).
. Program Wash in HCF di Kota Metro dibuka secara resmi oleh Walikota Metro dr. Wahdi, Sp.OG (K) di ruang rapat rumah dinas Walikota Metro, Rabu (14/7/2021).

TERASLAMPUNG.COM, METRO — Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Metro memulai Program Air, Sanitasi dan Kebersihan di Fasilitas Kesehatan atau WASH in HCF (Water Sanitation and Hygiene in Health Care Facilities). Program Wash in HCF di Kota Metro dibuka secara resmi oleh Walikota Metro dr. Wahdi, Sp.OG (K) di ruang rapat rumah dinas Walikota Metro, Rabu (14/7/2021).

Kegiatan ini dilakukan menggunakan dua pola yaitu secara virtual dan pertemuan terbatas di ruangan rapat rumah dinas walikota Metro dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Sekitar 100 orang peserta mengikuti kick off program secara online dan offline yang berasal dari forum disabilitas, akademisi, anggota DPRD kota Metro, tim Penggerak PKK, NGO, organisasi keagamaan, kelompok perempuan, kader kota sehat, jurnalis, dan mahasiswa.

Dalam sambutannya, Direktur Eksekutif YKWS Febrilia Ekawati menjelaskan, program WASH in HCF merupakan kolaborasi antara YKWS dengan pemerintah kota Metro yang disupport oleh SIMAVI dan SNV Belanda.

“Tujuan program WASH in HCF adalah untuk meningkatkan penyediaan layanan dan infrastruktur air, sanitasi dan kebersihan di fasilitas kesehatan (puskesmas) yang inklusif, yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat khususnya kelompok rentan seperti penyandang disabilitas, lansia, maupun anak-anak,” katanya.

Lokasi Puskemas yang menjadi lokus program WASH in HCF di kota Metro yaitu lokus puskesmas Mulyojati kecamatan Metro Barat, puskesmas Margorejo kecamatan Metro Selatan, Puskesmas Iringmulyo kecamatan Metro Timur, dan puskesmas Banjarsari kecamatan Metro Utara.

Pelaksanaan Program WASH In HCF juga bagian dari upaya untuk mewujudkan tercapainya target pembangunan berkelanjutan (SDGs) khususnya pada poin enam. Selain itu Program WASH in HCF yang diselenggarakan di kota Metro dan kota Bandar Lampung merupakan pilot project di Indonesia.

“Program WASH in HCF menjadi pilot projec di Indonesia, program ini akan berlangsung selama delapan belas bulan, dengan melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat dan jurnalis dalam peningkatan layanan, kita juga akan mendorong agar pembelajaran baik dari pelaksanaan program bisa direplikasikan di seluruh puskesmas di Indonesia, dengan upaya advokasi di Kementerian Kesehatan,” ungkap Febri.

Dalam sambutan pembukaan program, Walikota Metro dr. Wahdi, Sp.OG (K) mengapresiasi program WASH in HCF yang dilakukan secara kolaboratif. Program ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintahan Kota Metro periode 2021-2024.

“Program WASH in HCF ini mendukung misi kedua, aitu Waras atau mewujudkan masyarakat sehat jasmani, rohani, dan sosial di Kota Metro, dan yang terpenting bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pelayanan yang prima dan inklusif dari Puskesmas,” ungkap Wahdi.

Walikota Metro juga mengharapkan dengan adanya program WASH in HCF bisa menjadikan kota Metro sebagai center of excellence untuk pelayanan kesehatan yang inklusif di Provinsi Lampung dan Indonesia.

 

  • Bagikan