Provinsi Lampung akan Terima Penghargaan KPPU

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM —  Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan memberikan anugerah KPPU  2021 kepada Provinsi Lampung pada tanggal 14 Desember 2021 di Jakarta. Berdasarkan hasil penilaian, Provinsi Lampung merupakan salah satu kandidat Provinsi di Luar Pulau Jawa dengan hasil penilaian terbaik/tertinggi.

Berdasarkan hasil capaian yang terdokumentasi, Provinsi Lampung masuk menjadi kandidat dalam dua  (dua) sisi kategori yaitu: kategori Persaingan Usaha dan kategori Pengawasan Kemitraan.

Dalam penilaian KPPU Award untuk menentukan kandidat kategori Persaingan Usaha dan Pengawasan Kemitraan, dilakukan menggunakan beberapa parameter diantaranya skor Indeks Persaingan Usaha per daerah serta interaksi dan koordinasi kebijakan antara Pemda dengan KPPU, baik melalui diskusi, keterlibatan dalam tim bersama serta rapat-rapat koordinasi antara Pemda dengan KPPU.

Berdasarkan dua kategori tersebut, tercatat Provinsi Lampung sangat aktif terutama dengan peran Pemda Lampung dalam permintaan saran dan pertimbangan untuk isu persaingan usaha, diantaranya: Stabilitas harga komoditas peternakan, Rumusan Kebijakan Gubernur dalam upaya peningkatan pendapatan petani ubi kayu, Rumusan Kebijakan Gubernur untuk kelancaran ekspor, kebijakan impor, KUR dan Pajak.

Untuk sisi pengawasan kemitraan, Pemerintah Provinsi Lampung sangat aktif dalam mendukung perwujudan pola kemitraan yang sehat. KPPU melalui Kanwil II mencatat setidaknya terdapat 8 (delapan) Peraturan Gubernur yang mendukung terwujudnya pola kemitraan yang sehat antara UKM dengan Usaha Besar/Menengah di Provinsi Lampung.

Atas dasar tersebut, KPPU memberikan appresiasi kepada Pemda Lampung termasuk dukungannya atas penerapan kebijakan Persaingan Usaha sehat dan Pengawasan Kemitraan selama periode 2021.

  • Bagikan