Proyek 2021, DPKP Lampura Pastikan Uang Muka Aman

  • Bagikan
Kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Lampung Utara
Kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Lampung Utara

Feaby | Teraslampung.com

Kotabumi–Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Lampung Utara memastikan uang muka untuk ke-30 paket pekerjaan tahun 2021 akan tetap ada. Saat ini ke-30 paket tersebut masih dalam proses untuk menentukan pemenangnya.

“Ada uang muka. Pasti ada uang muka (untuk proyek – proyek itu)” jelas Kepala Bidang Kawasan Pemukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Lampung Utara, Tabrani Sulaiman saat ditemui dipelataran parkir kantor Pemkab Lampung Utara, Senin (26/7/2021).

Tabrani mengatakan, anggaran dari ke-30 paket itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun ini. Total anggaran untuk ke-30 tersebut mencapai sekitar Rp5 Miliar.

“Total anggaran untuk ke-30 itu mencapai Rp5 Miliar‎,” tuturnya.

Ia mengatakan, ke-30 paket pekerjaan itu terdiri dari 25 paket pekerjaan fisik dan lima paket non fisik, yakni paket perencanaan dan pengawasan. Untuk ke-25 paket pekerjaan fisik itu, anggaran yang dialokasikan mencapai Rp4,7 Miliar.

“Rp300 jutanya untuk paket perencanaan dan pengawasan,” terang dia.

Mantan pejabat Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Lampung Utara ini kembali mengatakan, paket – paket itu saat ini masih diproses oleh Badan Pengadaan Barang dan Jasa. Tujuannya untuk menentukan ‘pemenang’ dari masing – masing paket tersebut.

“Seluruh paket proyek itu menggunakan paket sistem PL (penunjukan langsung) dan tidak ada yang menggunakan sistem lelang umum,” ‎tuturnya.

Di tempat sama, Kepala Seksi Keindahan, Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum DPKP, Ibrahim mengatakan, pihaknya sedang mempelajari atau mengkaji aturan baru yang berisikan besaran uang muka proyek sebesar 50 persen. Pengkajian ini diperlukan untuk melihat kemampuan anggaran dari Pemkab Lampung Utara.

“Ada aturan baru 50 persen uang muka. (Sedang kami pelajari apakah) akan membahayakan (keuangan) kita,” kata dia.‎

  • Bagikan