Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Proyek Jalan Tol, Pemkab Lamsel Belum Dapat Perintah Bebaskan Lahan

Proyek Jalan Tol, Pemkab Lamsel Belum Dapat Perintah Bebaskan Lahan

166
BERBAGI
Jalan tol (ilustrasi)

Iwan Sastra/Teraslampung.com

KALIANDA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, sampai saat ini belum mendapatkan perintah dari Pemerintah Provinsi Lampung, terkait  rencana pembebasan lahan milik warga diwilayah Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan untuk pembangunan jalan tol.

Hal itu diungkapkan Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Lampung Selatan Firman Muntako, saat ditemui diruangkerjanya, Senin (16/2).

“Sampai saat ini Pemkab Lamsel belum mendapat perintah dari Pemprov Lampung untuk melakukan pembebasan lahan milik warga untuk pembangunan jalan tol dari wilayah Bakauheni sampai ke wilayah Tegineneng, Kabupaten Pesawaran,” ujarnya.

Firman menuturkan, jika perintah untuk pembebasan lahan milik warga  sudah diinformasikan, pastinya Pemkab Lamsel akan melakukan pembahasan terlebih dahulu sebelum melakukan pembebasan lahan untuk proyek pembangunan jalan tol tersebut.

“Kita (Pemkab Lamsel, red) masih menunggu perintah dari Pemprov Lampung. Jika nantinya surat instruksi dari Pemprov Lampung sudah turun ke Pemkab Lamsel, kita pasti akan membahasnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setkab Lampung Selatan I Ketut Sukerta mengungkapkan, terkait ganti rugi lahan milik masyarakat yang terkena proyek pembangunan jalan tol Bakauheni-Tegineneng, pihaknya belum bisa memberikan keterangan.

Sebab menurutnya, pihak Pemkab Lamsel, hingga kini belum mendapatkan instruksi dari Pemprov Lampung selaku perpanjangan tangan dari pemerintah pusat.

“Untuk rencana pembebasan lahan guna pembangunan jalan tol dari Bakauheni, Lampung Selatan ke Tegineneg, Pesawaran, itu masih menunggu informasi dari Pemprov Lampung kapan akan dimulainnya. Bahkan, Pemkab Lamsel pun belum mengetahui seperti apa mekanisme untuk pembebasan lahan milik warga yang terkena proyek jalan tol tersebut,” katanya.