Beranda News Lampung PT ASDP Kembali Buka Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni

PT ASDP Kembali Buka Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni

940
BERBAGI
Kapal roro Merak - Bakauheni. (Ilustrasi)

TERASLAMPUNG.COM — Jalur penyeberangan Merak-Bakaheuni dan sebaliknya yang ditutup karena cuaca buruk sebagai dampak badai tropis Dahlia,Kamis (30/11),sejak Jumat dini hari (1/12/2017) kembali dibuka.

PT ASDP Indonesia Ferry pun langsung mengerahkan 22 kapal roro untuk melayani pelayaran di jalur padat yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Sumatera tersebut.

“Kami buka kembali sejak Jumat (1/12/2017) pukul 02.30 dini hari.Layanan penyeberangan Merak-Bakaheuni itu dibuka dengan mengoperasikan tiga dermaga di Pelabuhan Merak. Kapal roro kembali siap mengangkut penumpang dan kendaraan,” kata Pelaksana Tugas Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Intan Sugiharti, Jumat (1/12).

Penutupan jalur penyeberangan tersebut tidak hanya membuat calon penumpang yang sudah telanjur menuju ke pelabuhan resah.Para kerabat mereka juga resah karena beredar kabar badai tropis Dahlia menerjang wilayah perairan Bakauheni dan Merak.

Sebagian besar calon penumpang lebih memilih bertahan di pelabuhan. Akibatnya, terjadi penumpukan penumpang di selasar pelabuhan. Antrean kendaraan di kantung parkir pun snagat panjang.Maka, ketika layanan penyeberangan dibuka kembali,penumpang langsung membludak.

Intan mengimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan penyeberangan untuk mengatur waktu keberangkatan.

BACA: Dampak Badai Siklon Tropis, PT ASDP Hentikan Penyeberangan Bakauheni-Merak

“Akibat penghentian sementara kemarin, telah terjadi antrean terhitung mulai KM96 menuju exit tol Merak. Di dalam Pelabuhan Merak pun terpantau sangat padat,” katanya.

Meski badai tropis Dahlia kini sudah mereda, PT ASDP masih  terus berkoordinasi dengan BMKG dan PT MMS selaku operator tol Tangerang-Merak. Layanan penyeberangan bisa sewaktu-waktu dihentikan jika ada rekomendasi dari BMKG terkait kondisi cuaca di Selat Sunda.

Untuk mengatasi kemacetan, Intan mengimbau masyarakat bersabar menunggu di rest area hingga  kepadatan kendaraan bisa terurai.

General Manager ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Fahmi Alweni, mengatakan, akan mengerahkan 22 unit kapal untuk melayani penyeberangan Merak-Bakaheuni.

“Kami akan maksimalkan pengoperasian sebanyak 22 unit kapal pada hari ini melayani lintasan Merak-Bakauheni. Diharapkan kondisi cuaca semakin membaik, agar operasi kembali normal di seluruh dermaga,” katanya.

 

Loading...