Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung PT KAI Bantu Air Bersih untuk Beberapa Kelurahan di Bandarlampung

PT KAI Bantu Air Bersih untuk Beberapa Kelurahan di Bandarlampung

30
BERBAGI
Bantuan air bersih dari PT KAI Tanjungkarang.
Bantuan air bersih dari PT KAI Tanjungkarang.

TERASLAMPUNG.COM —  PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Persero Divisi Regional IV (Divre IV) Tanjung Karang memberikan bantuan  air bersih untuk warga ke beberapa wilayah Bandarlampung yang tengah kekurangan air, Rabu, 7 Agustus 2019.

“Kami tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyakarat. Kali ini PT KAI membidik bantuan sosial memberikan air bersih kebeberapa wilayah di Bandar Lampung yang membutuhkan,”kata Deputy Executive Vice President Divre IV Tanjungkarang Beni Herbimawan.

Kekeringan di kelurahan Sukamenanti semakin meluas, hampir setiap hari warga di 10 RT tersebut kekurangan air. Dengan begitu, PT. Kereta Api Indonesia (Kai) terjun untuk mendistribusikan air. Upaya ini dilakukan guna membantu pemerintah daerah mencukupi kebutuhan air bersih warganya.

Beberapa titik lokasi pendistribusian Air Bersih yang dilakukan oleh PT KAI Divre IV Tanjung Karang ialah Kelurahan Sukamenanti,  Susunan Baru, Puskud, Panjang, dan Garuntang.Masing-masing akan didistribusikan sebanyak dua tanki mobil atau 16.000 liter air.

“Kegiatan yang dilakukan KAI untuk masyarakat, cukup luas ya, tidak hanya dari segi pelayanan kesehatan gratis di rail clinic, ada juga bantuan untuk pembangunan masjid, dan fasilitas umum lainnya, nah karena kebetulan ini musim kemarau, fokus kita untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat sekitar,” kata Beni.

Beny mengatakan, dalam program ini PT KAI pendistribusian 10 tangki air untuk lima lokasi di Bandar Lampung, khusunya hari ini dibidik dua lokasi di Jalan Rusa, Gang Onta, Kelurahan Sukamenanti, Kedaton dan Jl. Hr Mangundiprodjo RT. 03 LK. II Gg. Masjid Nurul Mukmin Batang Asahan, Kedamaian.

Sebanyak sepuluh truk tangki kita bagi bagi untuk lima lokasi, jadi setiap lokasi mendapat dua truk tangki. Dari lima lokasi yang kami bidik, hari ini baru dua lokasi di Kedaton dan Kedamaian. Tiga lokasi lainnya akan direalisasi besok.

Upaya ini dilakukan ini, lanjutnya, guna membantu pemerintah daerah mencukupi kebutuhan air bersih kepada warganya. Khususnya di wilayah terdekat dengan pelayanan kereta api Tanjungkarang.

“Kebetulan wilayah ini salah satu dekat dengan stasiun yang bisa kami jangkau, kita juga ingin hadir dimasyarakat. Jadi PT Kai hadir disini selain melayani dalam transportasi kita juga hadir untuk masyakat yang membutuhkan kepedulian kami. Salah satunya, dalam musim kemarau ini kita menyediakan air bersih untuk kebutuhan masyarakat sekitar,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Camat Kedaton Febriana, yang turut hadir bersama Lurah Sukamenanti, Iryazima, mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada pihak donatur termasuk PT KAI yang turut berkontribusi membantu warga yang kekeringan dan kekurangan air bersih.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada PT KAI yang sudah membantu warga kami yang kekeringan air bersih kekurangan air bersih untuk kebutuhan,” kata Ferbriana.

Febriana menjelaskan, sejak kemarau daerah ini rutin kekurangan air bersih. Dimana warga harus mengantri air dari tiga tower yang merupakan sumber air bersih yang ada di kelurahan sukamenanti.

Bukan berarti tidak ada sama sekali masih ada, cuma secara umum masyarakat masih kurang. Jadi memang sudah beberapa kali dibantu donatur tapi masih belum memadai.

Dari 7 kelurahan yang ada di Kedaton, ujarnya Sukamenanti yang kekeringan. Sehingga bantuan dari Kai diarahkan untuk dua lingkungan yang ada di kelurahan tersebut.

“Semoga dengan apa yang dilakukan KAI bisa membantu kami dan juga mendapatkan keberkahan untuk KAI Indonesia,” tandasnya.

Lurah Sukamenanti Iryazima mengatakan kekeringan yang terjadi sudah dari beberapa bulan lalu.

“Memang keseharian mereka begini, ngantri air dari pagi sampai malam ada terus. Sehingga kami anjurkan untuk membantu di dua lingkungan 10 RT di kelurahan Sukamenanti,” katanya.

Iryana juga mengatakan, wilayahnya merupakan wilayah kering sehingga pada saat musim kemarau ini sangat berpengaruh terhadap persediaan air.

“Tidak semua warga punya sumur. Terlebih jika ada air harus nunggu ngisi dulu, jadi masih belum mencukupi,” pungkasnya.

Sudrajat,warga Sukamenanti, menyampaikan terima kasih kepada PT KAI yang memberikan bantuan air bersih di wilayahnya yang hampir satu tahun ini kesulitan mendapatkan air bersih.

“Terima kasih KAI sudah memberikan bantuan air bersih kepada kami, dan ini sangat bermanfaat buat kami” ujarnya.

Loading...