Beranda Ekbis Bisnis PT KAI Divre IV Tanjungkarang Lakukan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

PT KAI Divre IV Tanjungkarang Lakukan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

446
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Virus Corona (Covid-19) telah menjadi pusat perhatian dunia karena menyebar dan menelan banyak korban jiwa di Wuhan, China. Bahkan, setelah dipastikan terdapat Warga Negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi virus mematikan ini, tindakan antisipasi penyebaran dilakukan secara masif diberbagai negara, termasuk di Indonesia.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) pun tidak mengabaikan fenomena virus ini, bahkan semakin gencar melakukan kegiatan sosialisasi mengenai penyebaran Coronavirus dan upaya pencegahan penularannya.

Kegiatan sosialisasi secara rutin akan dilaksanakan PT KAI Divre IV Tanjungkarang kepada calon penumpang di 3 area stasiun besar antara lain Stasiun Tanjubgkarang, Kotabumi, Baruraja, di atas KA Jarak Jauh maupun KA Jarak menengah, dan lingkup internal (perkantoran) KAI sendiri dengan menerjunkan tenaga medis unit kesehatan Divre IV.

PT KAI Divre IV Tanjungkarang juga memasang spanduk/banner dan menyebarkan brosur/pamflet yang berisi informasi mengenai Virus Corona dan langkah-langkah antisipasi penularannya kepada pengguna kereta api.

PT KAI juga menyediakan hand sanitizer alkohol 70-80% di beberapa titik lokasi strategis di area stasiun, seperti pos kesehatan, meja check boarding, Check In Counter/mesin cetak tiket, loket pembelian/pemesanan/pembatalan tiket. Sedangkan di atas KA, hand sanitizer tersedia di area kereta makan.

“PT KAI Divre IV Tanjungkarang sudah melakukan edukasi di stasiun dan sarana melalui berbagai cara dan media informasi terkait bahaya virus corona dan cara pencegahan baik untuk KA Jarak Jauh dan KA jarak menengsh. Kami meminta kerjasama dari para pengguna jasa KA agar menggunakan masker jika sedang tidak sehat, dan agar beristirahat di rumah jika sedang mengalami demam tinggi atau gangguan kesehatan lain yang tidak memungkinkan beraktifitas, kami menyarankan agar tidak memaksakan diri beraktifitas menggunakan transportasi publik,” jelas EVP Divre IV, Edy Setiawan

Selain itu, Divre IV juga menghimbau pengguna jasa kereta api agar menjaga kebersihan di area stasiun demi menghormati kenyamanan pengguna lainnya, seperti tidak membuang air liur (meludah) sembarang tempat, dan menggunakan penutup mulut saat batuk atau bersin.

Sebelumnya, pada 29-31 Januari 2020, PT KAI Divre IV telah melakukan kegiatan sosialisasi Virus Corona dan pencegahan penularannya di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, dengan membagikan masker, pemasangan spanduk yang berisikan informasi mengenai virus corona dan proses penyebarannya, pemasangan stiker 6 langkah mencuci tangan yang baik, dan brosur mengenai pencegahan virus Corona.

Disediakan juga antiseptik pembersih tangan, di titik area stasiun yang banyak saling bersentuhan dan berinteraksi antar penumpang, seperti loket, dan pintu check boarding.

Guna memastikan kondisi kesehatan setiap calon penumpang, PT KAI Daop 1 Jakarta melalui Unit Kesehatan juga melakukan pemeriksaan kesehatan bagi calon penumpang KA di Stasiun yang memiliki keluhan kesehatan seperti demam, batuk pilek, dan keluhan penyakit lainnya.

“PT KAI juga menyediakan Pos Kesehatan di setiap stasiun, jika ada penumpang yang merasa kurang fit sebelum dan sesudah perjalanan KA, silahkan melakukan pemeriksaan kesehatan di Poskes stasiun,” kata Edy.

Loading...