Beranda News Pelayanan Publik PT KAI Tanjungkarang Siap Operasikan Armada Mudik Lebaran

PT KAI Tanjungkarang Siap Operasikan Armada Mudik Lebaran

659
BERBAGI
Stasiun Tanjungkarang,Lampung.

TERASLAMPUNG.COM — Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Sub Divisi Regional (Subdivre) III.2 Tanjungkarang, melakukan perbaikan dan pemeliharaan sarana maupun
prasarana, yakni perbaikan ruang tunggu penumpang, perlintasan jalan rel, bantalan rel, sejumlah lokomotif, dan gerbong Kereta Api (KA) Rajabasa dan Limex Sriwijaya sebagai persiapan menghadapi arus mudik jelang Idul Fitri 1435 H.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Subdivre III.2 Tanjungkarang, Muhaimin, mengatakan untuk menghadapi saat mudik Lebaran pihaknya telah melakukan perbaikan dan pemeliharaan pada sarana dan prasarana.

Gerbong diperbaiki antara lain untuk kelas eksekutif (K1) sebanyak 10 gerbong, kelas ekonomi (K3) 13 gerbong, kelas  bisnis (K2) enam gerbong.

“Persiapan perbaikan ini sudah kami lakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Pada seminggu sebelum Lebaran sudah siap semua,” kata Muhaimin kepada wartawan, Kamis (17/7).

Muhaimin memaparkan, untuk mengangkut penumpang yang akan melakukan mudik, pihaknya telah menyiapkan lima gerbong, dan satu gerbong tambahan kereta makan di KA Rajabasa kelas ekonomi dan bisnis jika ada lonjakan penumpang agar penumpang tidak lama menunggu.

Sementara untuk kelas eksekutif pihaknya menyiapkan angkutan melalui KA Limex Sriwijaya, setiap hari PT KAI Tanjungkarang  akan memberangkatkan KA Rajabasa pada pukul 08.30 WIB dan KA Limex Sriwijaya pada pukul 20.00 WIB menuju stasiun KA Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan.

Selain Kedua kereta api tersebut, lanjut dia, PT. KAI juga mengoperasikan kereta api lokal  Lampung tujuan Tanjungkarang-Kotabumi yang beroperasi pada pagi dan sore. Dalam sehari dapat mengangkut 1.100 penumpang sesuai dengan jumlah tempat duduk yang tersedia.

Zainal Asikin