Beranda News Jiran Sumatera PT MMS dan ASDP Merak Siap Hadapi Arus Mudik Idul Fitri

PT MMS dan ASDP Merak Siap Hadapi Arus Mudik Idul Fitri

185
BERBAGI

CILEGON, Teraslampung.com– PT Marga Mandalasakti (MMS), pengelola jalan tol Tangerang-Merak dan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak sudah siap menghadapi arus mudik Idul Fitri 1436 H. Hal itu disampaikan Direktur Teknik dan Operasional PT MMS Sunarto Satrowiyoto saat melakukan kunjungan ke Pelabuhan Merak di Cilegon, Selasa (23/6/2015).
.
Sunarto mengatakan, PT MMS sebagai operator Jalan tol Tangerang-Merak berperan meningkatkan efisiensi pelayanan jasa distribusi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya pengguna jalan yang akan menuju pelabuhan Merak.

Begitu juga dengan ASDP Merak sebagai penyedia akses transportasi publik antar pulau yang bersebelahan mempunyai peranan yang tidak kalah penting dalam menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera.

Sunarto mengharapkan komunikasi yang sinergis di antara MMS dan ASDP Merak dapat memberikan layanan informasi yang bermanfaat bagi para pengguna jalan Tol Tangerang-Merak, terutama bagi mereka yang berpergian menuju pulau Sumatera melalui pelabuhan Merak sehingga pengguna jalan dapat memilih untuk melanjutkan perjalanan atau beristirahat sejenak di Tempat Istirahat dan Pelayanan KM 68 baik arah Merak maupun Jakarta ruas tol Tangerang-Merak.

Menurut Sunarto, hal ini merupakan upaya antisipasi untuk mengurangi antrean lonjakan kendaraan dalam menghadapi arus Lebaran Tahun 2015 yang diperkirakan akan naik 8-9% dari tahun sebelumnya.

“PT MMS dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengatur jalur lalu lintas jalan tol Tangerang – Merak memerlukan koordinasi ASDP Merak dalam memberikan informasi situasi dan kondisi Pelabuhan Merak serta jadwal buka tutup Dermaga,” kata  Rakhmatullah, manajer Pengaturan Lalu Lintas Informasi Operasional (PLL IO) MMS.

Menurut Yanus Letanga, manajer operasional ASDP Merak, koordinasi sangat diperlukan karena arus mudik harus diamankan berbagai pihak, tidak hanya oleh pengelola pelabuhan.  Misalnya, sebelum ke pelabuhan, sebagian besar kendaraan melalui jalan tol, sehingga diperlukan koordinasi dengan pengelola jalan tol agar tidak terjadi kemacetan. Demikian juga koordinasi dengan aparat keamanan.

Dalam memberikan layanan informasi tersebut MMS mengoptimalkan berbagai macam media komunikasi.

Pada jalur utama di sepanjang tol Tangerang-Merak, MMS memiliki 9 unit Variable Message Sign (VMS) yang terpasang di KM 28, KM 30, KM 42 arah Merak, KM 60 arah Merak dan Jakarta, serta di KM 72 dan KM 98 arah Jakarta. 2 unit VMS diantaranya berkerjasama dengan Otoritas Pelabuhan Penyebrangan (OPP) Merak yaitu di KM 37 dan KM 66 arah Merak.

VMS berfungsi untuk mempercepat dalam memberikan informasi lalu lintas terkini dan hal-hal lain yang penting bagi pengguna jalan.

Selain itu tersedia pula mobile VMS yang terpasang pada 2 unit kendaraan patroli MMS yang dapat menampilkan informasi seputar kondisi lalu lintas Tol Tangerang-Merak serta himbauan keamanan berkendara.

Informasi lalu lintas Tol Tangerang-Merak pun bisa didapatkan pengguna jalan dengan mengakses website resmi MMS www.margamandala.co.id dan media sosial twitter @tol_MMS.

banten-news.com

Loading...