PT Semen Indonesia akan Bangun Pabrik Semen di Papua Barat

  • Bagikan

Semen Gresik, salah satu anak perusahaan PT Semen Indonesia. (dok PT Semen Indonesia)

Jayapura, Teraslampung.com – Masalah mahalnya harga semen di Provinsi Papua dan Papua Barat sebentar lagi bakal teratasi. Hal itu menyusul akan dibangunnya Pabrik semen  PT Semen Indonesia dalam waktu dekat ini, Kini perusahaan semen milik negara  berencana membeli lahan seluas 500 hektare di Papua Barat.

div class="__mango" data-placement="5690">

PT Semen Indonesia mengalokasikan 150 juta dolar AS untuk membangun pabrik semen pertama di Tanah Papua. Pabrik semen ini nantinya memiliki kapasitas hingga satu juta ton.

Sekretaris PT Semen Indonesia, Agung Wiharto, mengatakan perusahaan publik ini akan menandatangani nota kesepahaman (MoU) akhir tahun 2014 ini.

“Untuk kapasitas sekitar satu juta ton, kita mungkin membutuhkan sekitar 500 hektare,” kata Agung di Jakarta, baru-baru ini.

Agung berharap pembangunan pabrik semen ini bisa mulai dibangun pada tahun 2015. Pabrik ini akan membutuhkan tiga tahun sebelum bisa memulai produksi komersialnya.

Pabrik baru ini rencananya akan dibangun di Sorong dan akan dioperasikan oleh anak perusahaan Semen Indonesia, PT Semen Tonasa. Anak Perusahaan ini telah mengalokasikan Rp3 triliun (246 juta dolar AS) untuk pembangunan pabrik yang akan dilengkapi fasilitas distribusi berupa pelabuhan laut.

Pelabuhan ini diharapkan dapat mengurangi biaya distribusi semen di Papua dan Papua Barat. Hingga saat ini, Semen Tonasa di Pangkep, Sulawesi Selatan, dan anak perusahaannya, pabrik Semen Gresik di Gresik, Jawa Timur, yang memasok semen ke pasar Papua dan Papua Barat.

Harga semen di Provinsi Papua dan Papua Barat menjadi harga tertinggi di seluruh Indonesia. Harga semen di Kabupaten Intan Jaya misalnya, mencapai Rp2,2 juta rupiah per sak. Pemerintah Daerah (Pemda) Intan Jaya berupaya menekan harga tersebut dengan berbagai upaya. Salah satunya adalah dengan cara subsidi transportasi. Langkah ini, lanjut bupati Intan Jaya, untuk mendukung program Pemda, di antaranya Intan Jaya Sehat dan Intan Jaya Sejahtera. Pemda juga berencana membuka akses jalan ke Enarotali.

“Maka harga semen seharga Rp 2 juta rupiah itu bisa diminimalisir,” tegas Bupati Itan Jaya, Natalis Tabuni.

Sumber: tabloidjubi.com

  • Bagikan