PTM Tatap Muka di Lampung Utara Rencananya Mulai Dilakukan Pekan Depan

  • Bagikan
PTM terbatas di salah satu SD di Tasikmalaya, Jawa Barat (Foto: merdeka.com)
PTM terbatas di salah satu SD di Tasikmalaya, Jawa Barat (Foto: merdeka.com)

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara berencana menerapkan Pembelajaran Tatap Muka l(PTM) layaknya PTM normal sebelum pandemi Covid-19 pada pekan depan. Meski begitu, rencana tersebut tergantung dengan persetujuan Bupati Budi Utomo.

“Kami akan meminta pertimbangan dulu dengan beliau (Bupati Budi). Jika beliau setuju, PTM 100 persen akan dimulai pada awal pekan depan,” jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Mat Soleh, Rabu (5/1/2022).

‎Mat Soleh menuturkan, PTM secara menyeluruh itu adalah melaksanakan PTM seperti biasanya sebelum pandemi berlangsung. Namun, pelaksanaannya masih tetap mengedepankan protokol kesehatan. PTM 100 persen itu meliputi SD dan SMP.

“Maksimal PTM-nya adalah enam jam. Tidak boleh lebih dari itu,” jelasnya.

Rencana pelaksanaan PTM normal ini didasari pelbagai pertimbangan. Tingkat vaksinasi terhadap yang telah mencapai target, vaksi‎nasi terhadap orang dengan usia lanjut yang telah mencapai target, dan level Lampung Utara yang berada di level I merupakan bagian dari pertimbangan atas rencana tersebut.

“Berdasarkan pertimbangan itu, Lampung Utara sudah memenuhi kriteria untuk pelaksanaan PTM seperti yang diatur dalam aturan yang ada,” paparnya.

Adapun mengenai rencana vaksinasi terhadap siswa dengan usia 6 – 11 tahun, Mat Soleh menjelaskan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan pihak Polres, Kodim, dan Dinas Kesehatan‎. Koordinasi itu bertujuan untuk membahas jumlah vaksin yang dimiliki, lokasi vaksinasi, dan para vaksinator.

“Kalau untuk jumlah peserta didik usia 6 – 11 tahun itu jumlahnya sekitar 45 ribuan,” jelas dia.

  • Bagikan