Beranda News Pusiban PTSP Diharapkan Berdampak Positif bagi Pelayanan Hukum Masyarakat

PTSP Diharapkan Berdampak Positif bagi Pelayanan Hukum Masyarakat

575
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Pembaharuan di peradilan saat ini terus dilakukan, upaya sederhana tapi berdampak luas adalah membenahi pelayanan di kantor pengadilan melalui pelayanan didepan pintu kantor pengadilan itu sendiri atau Pelayanan Terpadu Satu Satu Pintu (PTSP).

Pengajuan perkara pidana oleh jaksa, permohonan gugatan perdata yg diajukan oleh pihak dalam persengketaan, permohonan pengangkatan anak, ganti nama, surat keterangan bersih diri bagi caleg sampai dengan pelayanan umum lainnya berupa surat menyurat seleuruhnya dilayani didepan loby kantor pengadilan dengan cepat dan terukur.

“Itulah yg dinamakan pelayanan satu pintu (PTSP) atau one gate service system,” kata Direktur Jendral Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI Dr. Herri Swantoro ketika meresmikan Pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di Pengadilan Tinggi (PT) Tanjungkarang Jumat (27/7)

Menurutnya, PTSP adalah cermin nyata citra dan profesionalisme pengadilan, PTSP adalah wajah depan akan tetapi sistem terPadu tersebut akan terlihat pada indikator – indikatot kerja yang bisa di pantau melalui sistem informasi Penelusuran Perkara (SIPP), setiap detail persidangan di peradilan itu dapat dipantau dalam aplikasi ini.

“Dari mulai perkara masuk, perkara di periksa, perkara di putus sampai dengan perkara diminutasi seluruhnya dari waktu dan tahapan dapat dipantau secara umum, Hal itu sudah berjalan konsisten selama 10 tahun sejak diresmikan pada tahun 2008 oleh Ketua MA RI Prof Dr Hatta Ali SH.MH,” ujar Herri Swantoro.

Rangkaian peresmian PTSP di Pengadikan Tinggi (PT) Tangungkarang dan lima Pengadilan Negeri (PN) di wilayah hukum PT Tanjungkarang pagi tadi dilanjutkan dengan pengecekan layanan satu pintu pada PT Tanjungkarang dan PN Tanjungkarang serta Metro.

Sementara itu Ketua PT Tanjungkarang, Bob Umar Said mengatakan kepada TerasLampung.com bahwa seluruh PN di lampung kini telah terakreditasi dengan nilai A dan telah memiliki payanan satu pintu (PTSP) serta memiliki kesiapan untuk melaksanakan e-Court di tiga pengadilan Negeri yaitu Pengadilan Negeri Tanjungkarang Klas 1A, Pengadilan Negeri Metro Klas 1B dan Pengadilan Negeri Gunung Sugih Klas II.

Dandy Ibrahim