Pulang Kuliah, Mahasiswi UBL Jadi Korban Penjambretan

  • Bagikan
aya mahasiswi UBL yang menjadi korban penjambretan saat akan melaporkan kejadian yang menimpanya di Mapolsekta Tanjungkarang Barat.

Zainal Asikin|teraslampung.com

BANDARLAMPUNG —Sorang mahasiswi Universitas Bandar Lampung (UBL), Maya Dwi Anggraini (19), menjadi korban jambret saat dalam perjalanan pulang kuliah, di Jalan Tamin, Tanjungkarang Barat, Selasa (29/11/2016) sekitar pukul 12.30 WIB.

Tak lama berselang setelah kejadian tersebut, korban yang tinggal di Jalan Purnawirawan, Gg Abdul Latif IV, Kelurahan Gunung Terang langsung melaporkan aksi penjambretan itu ke Polsekta Tanjungkarang Barat.

Saat ditemui teraslampung.com di Mapolsekta Tanjungkarang Barat, Maya yang masih tampak terlihat syok menceritakan, saat itu dirinya yang dibonceng sepeda motor dengan teman kuliahnya Ayu, dalam perjalanan pulang ke rumahnya di Kelurahan Gunung Terang seusai pulang kuliah dari Kampusnya UBL.

Pada saat berada di Jalan Tamin, Tanjungkarang Pusat, kata Maya, tiba-tiba dari arah belakang tas sandang miliknya dijambret oleh salah seorang lelaki yang mengendarai sepeda motor Honda Beat warna merah.

“Tas saya yang dijambret pelaku itu, dalamnya berisi ATM, Ponsel merk Oppo, KTP, kartu mahasiswa, kunci rumah dan kunci cadangan sepeda motor miliknya,”ucapnya, Selasa (29/11/2016).

Dikatakannya, saat kejadian dirinya berteriak meminta pertolongan, warga sekitar sekitar membantu dan berusaha mengejar pelaku yang melarikan diri menggunakan sepeda motornya. Tapi pelaku sudah tidak terkejar lagi, pelaku memacu sepeda motornya sangat kencang.

“Pelaku yang menjambret tas saya itu, perawakan orangnya agak besar dan pakai jaket switer warna gelap. Kalau wajahnya tidak kelihatan jelas, karena pelaku mengenakan pakai helm,”terangnya.

Menurutnya, untuk plat kendaraan sepeda motor pelaku, ia tidak sempat mengingatnya. Tapi sepeda motor yang digunakan pelaku, motor Honda Beat warna merah.

“Untung saja saat tas itu dijambret oleh pelaku, saya tidak jatuh dari sepeda motor. Harapan saya, mudah-mudahan pelaku dapat secepatnya tertangkap,”ungkapnya.

Kapolsekta Tanjungkarang Barat, AKP Harto Agung Cahyono saat dikonfirmasi membenarkan, bahwa pihaknya telah menerima laporan dari korban Maya salah seorang mahasiswi UBL yang menjadi korban sasaran penjambretan di Jalan Tamin, Tanjungkarang Pusat, saat korban dalam perjalan pulang ke rumahnya seusai kuliah.

“Ya benar, kami sudah menerima laporannya. Korban dan saksi sudah dimintai keterangan, saat ini masih dilakukan penyelidikan oleh petugas,”jelasnya.

Mantan Kasat Reskrim Polres Lampung Tengah ini menghimbau dan mengingatkan, kepada seluruh masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati saat berkendara motor di jalan dengan membawa barang bawaannya. Karena aksi kejahatan jalanan jambret ini, mayoritas sasaran korbannya adalah perempuan.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, diharapkan jangan membawa tas yang disandang atau diselempangkan ke belakang. Lalu jangan bermain ponsel dijalan, dan saat berkendara janganlah sendirian,”imbaunya.

Dikatakannya, sebagai antisipasi aksi kejahatan jalanan yang terjadi di wilayah hukumnya, pihaknya akan berupaya menggiatkan patroli di tempat titik rawan kejahatan jalanan selama dua jam sekali.

  • Bagikan