Puluhan Guru SMA/SMK di Lampung Siap Dampingi Siswa Terbitkan Media Sekolah

  • Bagikan
Budisantoso Budiman, mentor dari LMC memberikan materi tentang teknik menulis berita kepada para guru SMA/SMK pada Pelatihan Jurnalistik untuk Guru SMA/SMK di SMAN 2 Bandarlampung, 12-14 November 2014.

BANDARLAMPUNG, Teraslampung–Sebanyak 20 guru SMA/SMK di Lampung mengikuti Pelatihan Jurnalistik untuk Guru SMA/SMK se-Lampung di Liaboratorium Agama Islam SMA Negeri 2 Bandarlampung, Rabu–Jumat (12-14/11/2014). Selain untuk meningkatkan keterampilan menulis, pelatihan  itu juga untuk menyiapkan para guru SMA/SMK menjadi pembimbing penerbitan media di sekolah.

Workshop yang digelar Lampung Media Center (LMC) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung itu menghadirkan mentor dari LMC, antara lain Dr. Jauhari Zaelani, Budisantoso Budiman, dan Oyos Saroso H.N. Muhammad Yunus, direktur Komite Anti Korupsi Lampung (KoAK) bertindak sebagai fasilator.

Dandy Ibrahim, ketua panitia workhop, mengatakan workshop yang digelar LMC selalu menerapkan metode pendidikan orang dewasa. Mentoring terus dilakukan pascaworkshop hingga peserta workshop benar-benar bisa menulis.

“Oleh sebab itu, tingkat keberhasilannya sangat bergantung pada motivasi masing-masing peserta. Peserta yang motivasinya kuat, dipastikan bisa menjadi penulis andal lebih cepat dibanding peserta lain,” kata Dandy, Kamis (13/11/2014).

Menurut Dandy, pada workshop kali ini para peserta juga diajari membuat blog pribadi. Blog tersebut berfungsi sebagai alat penilaian oleh para mentor.

“Ternyata, para guru tidak kalah cepat dengan para siswa SMA/SMK dalam menyerap materi. Buktinya, hanya dalam waktu sekitar dua jam mereka sudah bisa membuat blog. Kini mereka sudah punya blog,” kata Dandy.

  • Bagikan