Beranda News Nusantara Puluhan Mahasiswa Ikuti Workshop Menulis Feature di FIP UNP

Puluhan Mahasiswa Ikuti Workshop Menulis Feature di FIP UNP

158
BERBAGI
Mahasiswa peserta Workshop “Creatif and Feature Writing” di Universitas Negeri Padang (UNP), Selasa (27/5).

PADANG, Teraslampung.com – Sebanyak 40-an mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di kota Padang, Sumatera Barat, mengikuti Workshop Jurnalistik “Creatif and Feature Writing” bertajuk “Mengembagkan Potensi dalam Bidang Jurnalistik dengan Progresif dan Kreatif”, Selasa (27/5).

Acara yang ditaja mahasiswa jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat itu, menghadirkan pembicara Muhammad Subhan, pegiat Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia yang juga seorang jurnalis dan penulis.

Dalam penyampaiannya, Muhammad Subhan menyebutkan, keterampilan menulis feature penting dimiliki calon wartawan. Sebagai sebuah tulisan kreatif, feature berguna untuk memberi informasi sambil menghibur tentang suatu kejadian, situasi, atau aspek kehidupan seseorang.

“Sebagai sebuah laporan jurnalistik yang ditulis wartawan, feature itu tulisan yang khas dan cenderung dipaparkan secara hidup sebagai pengungkapan daya kreativitas terhadap peristiwa tertentu,” kata Muhammad Subhan.

Dijelaskan, tulisan features menjadi salah satu daya tarik bagi pembaca ketika membaca sebuah berita di media massa. Features bisa dianggap tulisan yang lebih ringan dibandingkan dengan berita, tajuk rencana, atau artikel opini.

“Kekhasan features terletak pada empat poin, yaitu kreativitas (dalam hal menciptakannya), informatif (dalam hal isinya), menghibur (dalam hal gaya penulisannya), dan boleh subjektif (dalam hal cara penuturannya),” ujarnya.

Di halaman-halaman suratkabar, tambah Muhammad Subhan, setiap hari ditemui berbagai feature yang ditulis wartawan media tersebut. Biasanya, kolom feature terletak di bagian kaki lembar surat kabar dan mengungkap sisi lain dari sebuah berita yang menjadi fokus utama suratkabar itu.

Sementara, dosen pembimbing pelatihan, Dra. Zuwirna, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan workshop yang digelar mahasiswanya itu dalam rangka tugas akhir yang tujuannya agar mahasiswa di kemudian hari dapat merencanakan sebuah acara yang dikemas secara profesional.

“Kami harapkan, setelah lulus nanti mahasiswa kami dapat mengembangkan potensi yang dimiliki, salah satunya lewat kegiatan pelatihan seperti ini,” katanya.

Ketua Pelaksana, Gunawan Saputra, didampingi panitia Dewi Kurnia dan Vivi Avri mengatakan workshop jurnalistik  tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat dan menambah ilmu kepada peserta terkait dunia jurnalistik, khususnya kiat menulis feature.

“Alhamdulillah workshop ini berjalan sukses dan peserta sangat antusias mengikuti jalannya acara,” tambahnya. (rel)

Loading...
BERBAGI
Artikel sebelumyaPilpres 2014: Anis Matta Ajak Pilih Calon Presiden yang Tampan
Artikel berikutnyaInilah Jejak PT TBL
Portal Berita Lampung: Terkini, Independen, Terpercaya