Puluhan Ribu Nelayan Hanya Jadi Objek Kepentingan Politik Sesaat, Ini Pesan Wakil Ketua HNSI Lampung

Wakil Ketua DPD HNSI Lampung, Hilman
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Puluhan ribu nelayan di Lampung dinilai hanya menjadi objek kepentingan sesaat yang dimanfaatkan oleh para politisi untuk meraih suara dalam pilkada mendatang. Para bacagub berusaha mendekati pucuk pimpinan organisasi-organisasi, seperti Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI).

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua V DPD HNSI Lampung Bidang Organisasi, Kelembagaan, dan Kaderisas,  Hilman Saleh, mengingatkan kepada seluruh anggota nelayan itu agar tidak berpolitik praktis dengan membawa nama organisasi dalam memberikan dukungan kepada bacagub tertentu.

“Karena Anggaran Dasar Rumah Tangga organisasi sudah mengaturnya. Untuk pribadi, masing-masing dipersilakan memberikan dukungan kepada paslon maupun terjun dalam kontestasi pilkada. Namun tidak diperkenankan jika mengatasnamakan organisasi HNSI,” jelas Hilman, Selasa, 21 Mei 2024.

Seiring dengan dimulainya kampanye yang gencar dilakukan oleh kepala daerah, beberapa pengurius DPD HNSI Lampung dikabarkan ikut serta dalam tim-tim khusus yang dibentuk para bacagub.

Meskipun tidak ada larangan bagi pribadi pengurus dan anggota terjun dalam timses, kata Hilman,  netralitas dari Pimpinan dan anggota HNSI Lampung harus tetap terjaga.

“Beberapa waktu lalu juga beberapa oknum pengurus DPC HNSI Lampung mengatas namakan organisasi menyatakan dukungannya kepada salah satu Bacagub menurut Hilman hal itu melanggar ADRT organisasi. Namun mereka secara pribadi anggota, tanpa membawa embel-embel organisasi,” kata dia.

Hilaman mengatakan, kalau atas nama pribadi hal itu tidak dilarang dan boleh saja dilakukan.

“(Kalau atas nama pribadi) Kami persilakan. Tidak ada masalah selama anggota tersebut tidak membawa bendera organisasj ,” katanya.

Hilman berpesan, di tengah suasana jelang Pemilu Serentak 2024, diharapkan DPD HNSI Lampung untuk menjaga netralitas agar organisasi tidak terbelah.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris DPD HNSI Lampung, Ade Wawan, telah menyatakan sikap bahwa organisasinya untuk terus menjaga netralitasnya. Di tengah-tengah hiruk pikuk pilgub Lampung yang kian giat dilakukan kandidat yang bakal berkontestasi . DPD HNSI Lampung tidak mendukung calon tertentu.

“Kami juga ingin menegaskan posisi organisasi DPD HNSI Lampung sebagai organisasi independen di tengah suasana pilkada. Agar jangan organisasi ini dibawa-bawa ke arah politik tertentu,” tandas Ade.