Beranda Ekbis Ekonomi Puluhan Wartawan Lampung Belajar ke Kantor Perum Peruri

Puluhan Wartawan Lampung Belajar ke Kantor Perum Peruri

441
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Untuk meningkatkan pengetahuan wartawan ekonomi di Lampung, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung bersama 23 wartawan cetak, online , televisi dan radio mengunjungi Kantor Perum Peruri di Kawasan Karawang, Jawa Barat, Jumat(6/3/2020).

Kepala Departemen Persiapan cetak uang RI Marta Hendra W mengatakan
Perusahaan Umum Percetakan Uang RIepublik Indonesia atau Perum Peruri adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditugasi untuk mencetak uang rupiah (baik uang kertas maupun uang logam) bagi Republik Indonesia, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2006.

Selain mencetak uang rupiah Republik Indonesia, juga mencetak produk sekuriti lainnya, termasuk mencetakan kertas berharga non uang dan logam non uang.

Marta menjelaskan ada beberapa produk utama Peruri di antaranya materai, passport dan e – passport, pita cukai, sertifikat tanah dan juga mencetak uang dari luar negeri dari negara Nepal , pasport Srilanka, ijazah ITB, UI dan Unpad.

“Dalam satu tahun atau tiga gilir/shift, Peruri mencetak sembilan miliar lembar rupiah. Bahkan ke depan kami juga akan cetak uang negara Peru ,” kata Marta.

Selain itu sebagai salah satu BUMN yang ditugasi Bank Indonesia mencetak uang, sekarang menganut sistem management pengamanan yakni pengamanan berlapis dengan sistem perimeter dilengkapi dengan kamera/ sensor untuk memantau kawasan Peruri yang luasnya sekitar 202 hektare.

” Peruri , smart security sistem,” kata dia.

Selain diberikan materi tentang sejarah dan apa sebenarnya yang di cetak di Perum Peruri. Para wartawan juga diajak berkeliling ke pabrik untuk melihat proses pembuatan uang rupiah.

Mas Alina Arifin

Loading...