Beranda Teras Berita Hari Ini Puncak Arus Balik, Sepeda Motor Mendominasi Jalinsum Sepanjang Sabtu

Hari Ini Puncak Arus Balik, Sepeda Motor Mendominasi Jalinsum Sepanjang Sabtu

210
BERBAGI

Zainal Asikin/Teraslampung.com


Kapal fery Bakauheni-Merak. (Teraslampung.com)

BANDAR LAMPUNG – Memasuki H+5 Idul Fitri, arus balik di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) ruas Kalianda, Tarahan, dan Panjang di Kabupaten Lampung Selatan semakin padat. Pada Sabtu pagi (2/8) hingga siang kendaraan yang melintas didominasi sepeda motor.

Berdasarkan pantuan teraslampung.com, disejumlah titik di Jalinsum mulai dari Pelabuhan Bakauheni, Kalianda, tanjakan Tarahan hingga simpang pertigaan Panjang,  Sabtu pagi (2/8), mulai dipadati kendaraan roda dua dan roda empat khususnya kendaraan pribadi yang menuju ke arah Pelabuhan Bakauheni.

Memasuki pada H+5 setelah lebaran, di Jalinsum tidak terlihat kendaraan truk muatan. Hanya kendaraan pribadi yang lebih ramai melintas, baik kendaraan dari Lampung maupun dari luar daerah seperti Palembang, Medan dan padang yan menuju ke arah Pelabuhan Bakauheni.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat yang melintas, tidak seramai pada Jumat (1/8). Kemungkinan besar hal itu disebabkan pemudik yang mengendarai mobil pribadi lebih memilih balik ke Pulau Jawa pada malam hari. Seperti halnya pada Jumat malam (1/8), kendaraan didominasi oleh kendaraan roda empat. Namun, dapat dipastikan hari ini adalah puncak arus mudik. Sepanjang pantauan di jalan lintas sumatera (Jalinsum) Soekarno Hatta, arus kendaraan akan terus meningkat.

Salah seorang pemudik yang menggunakan roda dua asal Lampung Barat, Mariman (32), saat tengah istirahat di salah satu warung di tepi Jalinsum, menuturkan ia memilih berangkat dari kampung halamannya dengan tujuan Kota Bekasi sejak pagi tadi sekitar pukul 05.30 WIB.

Mariman mengaku ingin lebih cepat sampai Pelabuhan Bakauheni agar terhindar kemacetan dan antrean panjang saat di pelabuhan.

“Ya saat arus balik ini, saya mengendarai motor lebih suka pada cuaca pagi. Karena lebih dingin dan sejuk bila dibandingkan dengan siang hari. Dalam cuaca panas biasanya kalau bawa kendaraaan sering mengantuk,” tutur Mariman, Sabtu (2/8).

Loading...