Beranda News Puncak Arus Mudik Idul Fitri 2018 di Pelabuhan Merak-Bakauheni Terjadi Hari Ini

Puncak Arus Mudik Idul Fitri 2018 di Pelabuhan Merak-Bakauheni Terjadi Hari Ini

599
BERBAGI
Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak yang akan menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni, Sabtu malam (9/6/2018).

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN — Puncak arus mudik dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera melalui jalur penyeberangan Merak-Bakauheni diprediksi terjadi hari ini (12/62018) hingga besok. Hal itu mengingat para karyawan swasta hari ini dan atau besok pada umumnya sudah libur.

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (PT. ASDP) cabang Bakauheni mencatat, memasuki H-5 lebaran Minggu 10 Juni 2018, jumlah pemudik pejalan kaki dan dalam kendaraan ada 114.424 orang pemudik dan 23.939 unit kendaraan umum dan kendaraan pribadi yang tiba di Pelabuhan Bakauheni.

Kemudian memasuki pada H-4 lebaran Senin 11 Juni 2018 hingga pukul 08.00 WIB, pemudik pejalan kaki dan dalam kendaraan mencapai 126.407 orang pemudik. Sedangkan untuk jumlah kendaraan, sebanyak 25.054 unit kendaraan campuran.

General Manager PT ASDP cabang Bakauheni, Anton Murdianto, mengatakan arus kendaraan dan penumpang (pemudik) yang tiba di Pelabuhan Bakauheni terpantau ramai sejak H-7 Lebaran Sabtu 9 Juni 2018. Kepadatan arus kendaraan maupun pemudik pejalan kaki tersebut diprediksi  akan terus mengalami peningkatan dan mencapai puncaknya pada H-3 dan H-2 Lebaran.

“Sebagai antisipasi terjadinya lonjakan penumpang dan kendaraan, kami telah berkoordinasi dengan kepolisian dan instansi terkait lain yang terlibat dalam angkutan mudik lebaran ini,”ujarnya, Selasa 12 Juni 2018.

Sejumlah langkah antisipasi tersebut, kata anton, seperti yang diharapkan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menko PMK, Puan Maharani saat melakukan kunjungan dan meninjau langsung arus mudik di Pelabuhan Bakauheni pada Senin 11 Juni 2018 kemarin.

“Untuk menghindari terjadinya penumpukan penumpang, antiisipasi yang kita lakukan yakni dengan menyiapkan armada cadangan dan jaminan kemanan dalam perjalanan mudik,”ungkapnya.