Beranda News Pusiban Puncak Peringatan HUT TNI Digelar 7 Oktober 2014

Puncak Peringatan HUT TNI Digelar 7 Oktober 2014

233
BERBAGI
Mayor Infanteri CH Prabowo

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com— Puncak acara HUT ke-69 TNI  di Lampung yang biasanya digelar pada 5 Oktober kali ini akan digelar pada 7 Oktober 2014. Pengunduran waktu puncak peringatan HUT TNI itu  tersebut dilakukan karena pada tahun ini tanggal 5 Oktober bersamaan dengan Hari Raya Idul Adha.

“Puncak peringatan HUT TNI di Lampung akan diisi dengan  upacara parade defile dan hiburan marinir  di Lapangan Korpri, Kompleks Pemprov Lampung di  Bandarlampung.  Tahun ini tema HUT TNI adalah ‘Patriot Sejati, Profesianal, dan Dicintai Rakyat’,”  kata Kepala Penerangan Korem 043  Gatam (Kapenrem)  Mayor Infanteri CH Prabowo kepada teraslampung.com, Selasa (30/9).

Menurut Prabowo, serangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-69 TNI sudah dilakukan Komando Resort Militer (Korem) Garuda Hitam Lampung. Kegiatan yang diawali pada 11 Agustus hingga 24 September 2014.  Antara lain berupa pembuatan biopori  yang dilakukan para tentara di tingkat Koramil, Kodim, dan Kodam.

Pada 2 September 2014  Korem Garuda Hitam menggelar donor darah di RS DKT, Bandarlampung.  Ada 500-an peserta donor darah dalam kegiatan tersebut. Selain pasukan Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut , peserta donor darah juga berasal dari  masyarakat umum, mahasiswa,  dan para karyawan Radio Republik Indonesia (RRI).

“Sebenarnya ada 700 peserta yang terdaftar. Tetapi karena keterbatasan tenaga medis , maka PMI hanya mampu membantu 500 orang yang akan mendonorkan darahnya,” kata Prabowo.

Menurut Prabowo, pada 10 September 2014 Korem juga menggelar pengobatan massal di Lapangan Hanura, Pesawaran  yang dibuka oleh  Bupati Pesawaran Aries Sandi.

Acara lainnya adalah  sepeda gembira (funbike) pada 28 September 2014. “Funbike di Lampung diikuti 26 ribu orang. Total peserta funbike di seluruh Indonesia dalam rangkta HUT TNI tahun ini mencapai 2 juta orang,” kata Prabowo.

Menurut Prabowo, tema funbike HUT ke-69 TNI kali ini adalah “Bersama TNI Rakyat Sehat”. Tujuannya, kata Prabowo, untuk meminimalisir penggunaan BBM.

Mas Alina Arifin