Beranda News Nasional Purnomo, Mantan Pelari Tercepat Asia, Meninggal Dunia

Purnomo, Mantan Pelari Tercepat Asia, Meninggal Dunia

170
BERBAGI
Pelari Purnomo Muhammad Yudhi. Dok.TEMPO/Ronald Agusta

TERASLAMPUNG.COM — Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya. Purnomo Muhammad Yudhi, legenda atletik yang dikenal sebagai manusia tercepat di Asia, meninggal dunia di Jakarta, Jumat, 15 Februari 2019.

Purnomo berpulang dalam usia 56 tahun, setelah lama bergulat dengan penyakit kanker kelenjar getah bening.

Purnomo, yang lahir di Purwokerto, Jawa Tengah, 12 Juli 1962, pernah mengharumkan nama Indonesia di beragam kejuaraan Asia dan dunia. Pada 1984 di Olimpiade Los Angeles, ia jadi wakil Asia pertama di semifinal 100 meter putra.

Kendati tak meraih medali ia saat itu mampu mematahkan rekor idolanya, Mohammad Sarengat, dengan catatan waktu 10,30 detik. Catatan inilah yang membuatnya dijuluki manusia terceptat di Asia. Rekor tersebut baru bisa dipecahkan Mardi Lestari di PON 1989 Jakarta dengan catatan waktu 10,20 detik.

Setahun sebelumnya, di Kejuaraan Dunia IAAF di Helsinki 1983, Purnomo juga jadi satu-satunya wakil Asia di final 100 meter putra. Ia finis di urutan keempat.

Prestasi tertingginya diraih di Kejuaraan Atletik Asia 1985 di Jakarta. Saat itu ia merebut dua emas di nomor 100 dan 200 meter putra. Ia juga meraih perak di kejuaraan sama.

Tempo.co

Loading...