Beranda Hukum Putra Komedian Sule Laporkan Dugaan Pembunuhan Berencana terhadap Ibunya

Putra Komedian Sule Laporkan Dugaan Pembunuhan Berencana terhadap Ibunya

530
BERBAGI
Jenazah Lina, mantan istri Sule selesai diotopsi dan hendak dipindahkan pemakamannya ke TPU Nagrog Bandung, 9 Januari 2020. Polrestabes Bandung segera menindaklanjuti laporan Rizky Febian, terkait kematian ibunya, Lina Zubaedah pada Sabtu, 4 Januari 2020. TEMPO/Iqbal Tawakal

TERASLAMPUNG.COM — Putra sulung komedian Sule, Rizky Febian, membuat laporan ke kepolisian tak lama setelah ibunya, Lina Jubaedah meninggal. Rizky membuat laporan tersebut karena merasa ada yang janggal dengan kematian sang ibunda.

Kepada polisi, penyanyi yang biasa dipanggil Iki itu mengaku melihat lebam di sekitar dagu dan mulut Lina. Menindaklanjuti laporan tersebut, pihak kepolisian akhirnya menggali kubur Lina untuk melakukan proses autopsi. Rencananya hasil autopsi baru keluar Jumat, 31 Januari 2020 besok.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri mengatakan, Rizky Febian pada saat membuat laporan kematian ibunya, Lina Jubaedah, menggunakan pasal pembunuhan.

“Itu kan laporan awal yang dilaporkan Rizky Febian itu Pasal 338 dan 340 (KUHP). Itu dugaan tapi dia tidak menyebutkan siapa pelakunya,” ujar Galih saat dikonfirmasi Tempo, Kamis, 30 Januari 2020.

Pasal 338 KUHP yang dijadikan bahan pelaporan Rizky tersebut mengatur soal kejahatan terhadap nyawa atau pembunuhan. Sedangkan, pasal 340 mengatur soal tindakan pidana pembunuhan yang direncanakan.

Kendati demikian, laporan tersebut tak menyertakan siapa terlapor dalam kasus tersebut. Penyidik Satreskrim Polrestabes Bandunh saat ini masih melakukan penyelidikan terkait laporan dari pelantun tembang Kesempurnaan Cinta tersebut.Tedy Pardiyana mendatangi gedung Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung di Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat, 10 Januari 2020. ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

“Atas dasar laporan tersebut kami menindaklanjuti,” kata Galih.

Proses penyelidikan telah dilakukan oleh penyelidik Polrestabes Bandung. Setelah mendapat laporan tersebut, polisi langsung menyambangi kediaman Lina dan suaminya, Teddy, di Bandung.

Polisi mengambil sejumlah barang bukti di rumah tersebut seperti CCTV, komputer, dan telepon genggam milik almarhumah. Selain itu, polisi telah memeriksa sejumlah saksi, di antaranya adalah suami Lina, Teddy.

Rizky Febian membuat laporan polisi ke Polrestabes Bandung, pada Senin, 6 Januari 2020. Anak kandung pelawak Sule ini merasa ada yang janggal dari kematian ibunya, Lina Zubaedah. Laporan tersebut dibuat selang dua hari dari kematian Lina.

Tempo

Loading...