Beranda Pendidikan Kabar Buku PW NU Lampung Terbitkan Buku “NU Mengawal Perubahan Zaman”

PW NU Lampung Terbitkan Buku “NU Mengawal Perubahan Zaman”

329
BERBAGI
Buku “NU Mengawal Perubahan Zaman” (ilustrasi)

BANDAR LAMPUNG, Teraslampung.com– Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung menerbitkan buku berjudul NU Mengawal Perubahan Zaman. Buku setebal 147 halaman tersebut memuat tulisan dan analisis kritis para tokoh dan cendekiawan NU Lampung, tentang kiprah lembaga tersebut sepanjang zaman.

Mereka yang memberikan sumbangsih pikiran dan pendapat dalam buku ini diantaranya, Prof. Dr. Moh Mukri, M.Ag (Rektor IAIN raden Intan, Lampung), Dr. Rudi (Dosen FH Universitas Lampung), KH. Khairuddin Tahmid  (Wakil Dekan Syariah IAIN Raden Intan), Dr Aom Karamoni (Dosen FISIP Universitas Lampung), Fatikhatul Khoriyah, S.Hi, M.H (Ketua Bawaslu Lampung), dan Khalida SH (ketua Fatayat NU Lampung, yang juga anggota Komisi Informasi Lampung).

Buku itu diterbitkan oleh Lajnah Ta’lif wan Nasyr (LTN), yaitu lembaga yang berada di bawah PWNU Lampung, yang bertugas mengembangkan penulisan, penerjemahan dan penerbitan kitab atau buku serta media informasi.

Ketua LTNNU Lampung, Fadilasari, mengatakan, tujuan penulisan buku ini setidaknya ada dua, yaitu mendokumentasikan pokok-pokok pemikiran tokoh NU  dalam satu naskah buku dan membumikan budaya publikasi buku di kalangan kaum nahdliyin, khususnya NU Lampung.

“Mudah-mudahan buku ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi warga NU, khususnya kader muda untuk terlibat dalam budaya literasi, mampu menuangkan gagasan dan ide secara sistematis dalam bentuk tulisan yang dibaca orang banyak. Sebab, karya tulis adalah salah satu cara menyampaikan syiar Islam yang amat efektif,” kata Fadilasari, yang juga merupakan editor buku ini.

Sementara itu staf LTNNU, Rudi Santoso, yang didaulat sebagai kepala pemasaran buku NU Mengawal Perubahan Zaman (NU MPZ), mengatakan, meski belum sepekan terbit, ratusan buku sudah terjual. Banyak sekali yang berminat memiliki buku ini. Bukan hanya para pengurus NU, tapi juga para akademisi, aktivis NGO, partai politik, mahasiswa, jurnalis, dan masyarakat umum.

“Bahkan  sejumlah pesantren di Pulau Jawa juga sudah banyak yang memesan buku ini agar segera di kirim,” kata Rudi.

Dalam kata pengantar di buku NU MPZ,  Ketua Umum PBNU, Prof.Dr,K.H Said Aqil Siradj M.A mengumpamakan kehadiran buku ini seperti oase di padang pasir di tengah minimnya publikasi ilmiah berupa buku bagi masyarakat NU.

“Buku ini memang bukan bermaksud memberikan penafsiran tunggal atas segala permasalahan bangsa dan negara secara umum dan secara khusus warga NU. Setidaknya, buku ini membuka pandangan lain yang berasal dari sudut pandang yang berbeda tentang permasalahan bangsa dan NU berdasarkan latar belakang penulisnya masing-masing,” katanya.

Sebagai Ketua Umum PBNU, K.H Said Aqil memberikan apresiasi yang sangat mendalam kepada LTN NU Lampung yang telah memberikan sumbangsih terhadap kemajuan bangsa pada umumnya dan NU pada khususnya.

Ketua PWNU Lampung KH RM Soleh Bajuri mengatakan, lahirnya buku ini merupakan sebuah ikhtiar mencari jawaban dan menghidupkan kembali spirit serta keteladanan para ulama Lampung.

“Melalui buku ini besar harapan dapat menginspirasi dan mengingatkan kembali sumbangsih tokoh NU Lampung terhadap perjalanan Indonesia. Oleh karena itu, buku ini sangat baik dikonsumsi di kalangan nahdliyin, khususnya NU Lampung yang ingin mengetahui rekam jejak pemikiran tokoh NU Lampung dalam mencermati dan mengawal perubahan zaman,” katanya.

TI-RL

Loading...
BERBAGI
Artikel sebelumyaJenazah tak Diautopsi, Polisi Terkendala Ungkap Penyebab Kematian Feby
Artikel berikutnyaPuisi Tahun Baru Gus Mus yang Penuh Nasihat dan Menampar Wajah Kita
Portal Berita Lampung: Terkini, Independen, Terpercaya