Beranda News Nasional Rabu Dini Hari Nanti Gerhana Bulan Sebagian Hiasi Langit Indonesia

Rabu Dini Hari Nanti Gerhana Bulan Sebagian Hiasi Langit Indonesia

332
BERBAGI
Gerhana bulan (Foto: esa.int)

TERASLAMPUNG.COM– Langit di sejumlah wilayah Indonesia akan dihiasi gerhana bulan sebagian,Kamis dini hari nanti (18/7/2019). Gerhana bulan sebagian ini bisa disaksikan di wilayah Indonesia bagian barat.Antara lain di wilayah Jawa, Sumatera, Kalimantan Barat,dan Kalimantan Tengah.

Menurut Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA), penampakan gerhana bulan sebagian bisa dinikmati dari seluruh area di Indonesia.

Kepala Bidang Diseminasi Pussains Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Emanuel Sungging Mumpuni,menjelaskan fenomena ini bisa dinikmati lebih jelas oleh masyarakat yang berada di Indonesia bagian barat.

“Daerah Indonesia bagian Barat dapat menyaksikan sebagian besar atau seluruh tahapan gerhana bulan sebagian,” jelas Emanuel.

Dengan kata lain, masyarakat yang tinggal di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah bisa menyaksikan fenomena alam gerhana bulan sebagian.

Gerhana bulan sebagian diperkirakan terjadi mulai Rabu, 17 Juli 2019, pukul 01.43 WIB.Waktunya lumayan panjang, yaitu hingga  4 jam 28 menit.

Puncak gerhana bulan sebagian diperkirakan akan terjadi pada pukul 03.01 WIB hingga pukul 05.59 WIB.

Sama halnya dengan gerhana bulan total, masyarakat juga bisa menikmati fenomena gerhana bulan sebagian dengan mata telanjang. Gerhana bulan hanya bisa dinikmati dengan baik jika cuaca cerah.

 

Loading...