Beranda Medsos Ramai-Ramai ke Brunei, Prabowo Cs Bukan Mau Kabur

Ramai-Ramai ke Brunei, Prabowo Cs Bukan Mau Kabur

2142
BERBAGI
Foto-foto capres Prabowo Subianto di luar negeri, beredar di media sosial. Belakangan diketahui gambar tersebut merupakan foto lama. (Foto: Twitter/stlaErsad)
Foto-foto capres Prabowo Subianto di luar negeri, beredar di media sosial. Belakangan diketahui gambar tersebut merupakan foto lama. (Foto: Twitter/stlaErsad)

TERASLAMPUNG.COM — Sejak Jumat, 17 Mei 2019, berita heboh menghiasi linimasa Facebook, Twitter, dan jejaring medsos lain: Prabowo kabur ke Brunei. Berita heboh itu ramai setelah media online Seword.com melansir tulisan bertajuk “Prabowo Kabur: Kasus Hukum dan Potensi Kerusuhan”. Berita menjadi heboh karena disertai foto Prabowo Cs berada di bandara di Brunei Darussalam.

Kubu Prabowo langsung mengklarifikasi berita tersebut dan menyebut foto Prabowo Cs yang menjadi ilustrasi berita Prabowo kabur ke Brunei adalah hoax.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dahnil Anzar Simanjuntak di Twitter mencuit: “Siang tadi Pak @prabowo  shalat jumat di Hambalang, dan sampai malam tadi beraktivitas di Kertanegara 4. Jadi, foto2 yg tersebar benar foto beliau ke LN, namun foto lama, jd adl fitnah apa yg disebar oleh situs penebar hoax sprt seword ini.”

Namun, klarifikasi Dahnil terbantahkan dengan sendirinya dengan adaya berita di Kompas yang mengutip pernyataan pejabat Imigrasi bahwa Prabowo bertolak ke Brunei pada Kamis, 16 Mei 2019.

Pada edisi Sabtu, 18 Mei 2019, kompas.com melansir Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM membenarkan calon presiden 02 Prabowo Subianto sempat berkunjung ke luar negeri.

Kepala Subbagian Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham Sam Fernando mengungkapkan, Prabowo mengunjungi Brunei Darussalam pada Kamis (16/5/2019). Prabowo beserta rombongannya bertolak dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada pukul 12.10 WIB.

“Beliau naik pesawat pribadinya, 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000, dan menuju Bandar Seri Begawan,” ujar Sam ketika dikonfirmasi Kompas.com pada Sabtu (18/5/2019).

Kompas menulis: ada 12 orang yang turut bersama-sama Prabowo dalam penerbangan itu. Sam sekaligus mengonfirmasi Prabowo beserta rombongan bertolak kembali ke Jakarta melalui rute yang sama seperti berangkat pada hari yang sama.

“Mereka tiba (kembali di Jakarta) pukul 20.12 WIB malam pada tanggal yang sama,” ujar Sam. Konfirmasi ini terkait viralnya foto Prabowo di sebuah bandara, tetapi tidak disertai keterangan yang jelas.

Dalam foto itu tampak Prabowo mengenakan setelan jas lengkap dengan peci dan memakai kacamata hitam. Tampak bersamanya, Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono, ustaz Ansufri Idrus Sambo, dan sejumlah orang lain yang mengenakan busana yang serupa dengan Prabowo.

Bantahan juga dilakukan Ismail, orang dekat Amien Rais.

Ismail, salah satu sosok yang kerap mengawal kegiatan Amien Rais mengatakan, dirinya tertawa mendengar kabar hoaks kepergian bosnya tersebut. Pasalnya, isu itu muncul saat dirinya mendampingi Amien menghadiri sebuah acara di Jakarta.

“Ya (isu) itu mah saya ketawain aja. Saat hoaks itu ramai, bapak kan sedang ada acara di Menteng,” kata Ismail, seperti dilansir tagar.id,  Sabtu pagi 18 Mei 2019.

“Kemarin banyak juga kok wartawan yang meliput bapak berpidato,” imbuhnya.

Ismail juga menegaskan kalau atasannya itu masih berada di Indonesia hingga pagi ini, dengan membeberkan salah satu agenda kegiatan Amien Rais hari ini.

Dehnil Simanjuntak kemudian meralat pernyataan awal di Twitter. Ia kemudian mengatakan

Dahnil menyebut Prabowo bertolak ke Brunei untuk bersilaturahmi dengan Sultan Brunei Daussalam, Hassanal Bolkiah.

“Pak @prabowo ke Brunei pada tanggal 16/05/19 hanya satu hari pulang pergi tidak menginap, untuk bersilahturahim dengan Sultan Brunei Darussalam. Jadi, hoax dan fitnah bila menyebut Pak Prabowo ke LN kabur atau jalan-jalan seperti yang dilakukan seword dkk,” cuit Dahnil dalam akun Twitter-nya seperti dilihat, Sabtu (18/5/2019).

Dahnil menepis kabar Prabowo hendak kabur ke luar negeri. Menurut Dahnil, Prabowo hanya satu hari berada di negara dengan julukan negara petro dollar itu.

“Terkait dengan pertanyaan wartawan yang konfirmasi bahwa tanggal 17/05/19 Pak @prabowo ke Brunei bahkan berkembang fitnah beliau ke LN kabur, saya menjawab bahwa tidak benar itu hoax, karena beliau pada tanggal 17 Mei beraktivitas di Hambalang dan Kertanegara, itu foto lama yakni 16/05/19,” ujar Dahnil.

 

Loading...