Ramdhan: Kontribusi PT Bukit Asam ke Pemkot Bandarlampung Mestinya Bukan Cuma CSR

fly-over jalan gajahmada bandarlampung
Jalan layang Jl Gajahmada-Jl Juanda Bandarlampung
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandarlampung, M. Ramdhan, menilai harapan Pemerintah Kota Bandarllampung mendapat kontribusi dari PT Bukit Asam (BA) sangat wajar. Sebab, kata Ramdhan, Pemkot Bandarlampung sudah mengeluarkan uang puluhan miliar untuk membangun flyover (jalan layang) di lintasan kereta api yang ada di kota ini.

“Dua flyover di Jl Gajah Mada dan Jl. Sultan Agung nilainya puluhan miliar rupiah. Itu semua dananya dari utang dari PT SMI dan untuk kelancaran masyarakat yang melewati perlintasan kereta api. Jadi saya nilai wajar kalau Pemkot Bandarlampung mengharapkan kontribusi dari PT BA,” katanya kepada Teraslampung.com, Rabu, 9 Maret 2022.

Saat ditanyakan bahwa PT BA sudah memberikan bantuan melalui corporate social responsibility (CSR) berupa 1 unit mobil pemadam kebakaran dan 1 unit ekskavator mini, Ramdhan mengatakan tidak sebanding dengan dana yang dikeluarkan Pemkot Bandarlampung.

“Terlalu kecil bantuan itu dibanding dengan dana yang kita (Pemkot) keluarkan. Itu baru jalan layang. Kalau dampak sosial lainnya seperti kemacetan yang diakibatkan Babaranjang saat melintas, ini juga bisa dihitung berapa kerugian masyarakat kendaraannya harus berhenti beberapa menit,” kata M. Ramdhan.

Sementara itu, PT BA melaporkan melalui akun twiternya (@BukitAsamPTBA) PT Bukit Asam sukses mencatat kinerja positif selama tahun 2021. Perseroan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 7,91 triliun, naik signifikan sebesar 231% dari capaian tahun 2020 sebesar Rp 2,39 triliun.

Pencapaian gemilang ini didukung oleh kinerja operasional Perseroan yang solid sepanjang tahun 2021, seiring dengan pemulihan ekonomi global maupun nasional yang mendorong naiknya permintaan atas batu bara.

Selain itu, momentum kenaikan harga komoditas batu bara global yang cukup signifikan juga turut mendorong pencapaian ini.

Dandy Ibrahim