Beranda Iklan Advetorial Ratusan Calon Kepala Desa di Lampung Utara Ikut Deklarasi Damai Pilkades

Ratusan Calon Kepala Desa di Lampung Utara Ikut Deklarasi Damai Pilkades

275
BERBAGI
Salah satu calon kepala desa di Lampung Utara membacakan Deklarasi Damai Pilkades.

Kotabumi — Ratusan calon kepala desa yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak terlihat antusias mengikuti Deklarasi Damai Pilkades ‎di Halaman Mapolres Lampung Utara, di KotabumiKamis (18/5/2017) sekitar pukul 15.00 WIB.‎

“Deklarasi damai ini diikuti oleh 279 calon kepala desa dari 90 desa yang akan menggelar Pilkades secara serentak,” kata Ketua Panitia Pilkades kabupaten, Yuzar.

Menurut Yuzar, kegiatan deklarasi damai ini bertujuan untuk menjaga kondusifitas desa – desa yang akan menggelar Pilkades secara serentak pada 24 Mei mendatang. Dengan begitu, pelaksanaan Pilkades mendatang akan berjalan dengan aman, damai dan sukses.

Calon kepala desa menandatangani Deklarasi Damai Pilkades.

“‎Pilkades yang aman, damai, dan sukses adalah harapan kita semua,” terangnya.

‎Di tempat sama, Sekretaris Kabupaten Samsir berharap, kegiatan deklarasi damai ini dapat lebih membuat pelaksanaan Pilkades di 90 desa lancar, sukses dan aman. Sebab, di era globalisasi seperti saat ini, arus informasi atau isu – isu provokatif yang berpotensi mengganggu kondusifitas wilayah dapat dengan mudah sampai ke telinga masyarakat.

“Setiap kita wajib mengantisipasi semua informasi atau isu yang berpotensi memicu keadaan tidak kondusif dan tertib. Karena hal itu akan merugikan masyarakat,” tegasnya.

Samsir mengajak semua calon kepala desa menjadikan deklarasi damai ini sebagai momentum untuk membangun desanya masing – masing dan terus mendukung pelaksanaan pembangunan yang akan dilakukan oleh pemerintah demi kesejahteraan rakyat.

“Semoga, Pilkades mendatang akan berjalan sesuai harapan dan menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan keinginan warga,” kata dia.

Kapolres Lampung Utara, AKBP Esmed Eryadi menandatangani deklarasi damai Pilkades.

Di lain sisi, Kapolres AKBP Esmed Eryadi ‎menyebutkan bahwa pihaknya akan menerjunkan 408 personil untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkades mendatang. Dari ke-408 personil itu, 318 di antaranya bertugas mengamankan Tempat Pemungutan Suara.

“Selain itu, kami juga akan dibantu oleh pihak Kodim 0412, Satuan Polisi Pamong Praja untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkades,” terusnya lagi.

Esmed mengimbau kepada para calon kepala desa yang gagal terpilih sebagai pemenang Pilkades di desanya masing – masing untuk legowo menerima kekalahan. Karena, sejatinya, mereka masih dapat menitipkan program – program unggulan mereka kepada pesaingnya yang memenangkan pertarungan sehingga program mereka dapat bermanfaat bagi warga.

Sekretaris Kabupaten Lampung Utara, Samsir menandatangani deklarasi damai bagi 279 calon kepala desa yang akan mengikuti Pilkades serentak di 90 desa.

“Jika nanti kalah dalam Pilkades, hendaknya para calon berbesar hati untuk menerimanya. Kekalahan bukan akhir dari segalanya karena mereka masih dapat titipkan program unggulan kepada kompetitor yang menang,” ‎urai Esmed.

Perwira ‎Menegah Kepolisian ini juga mengimbau kepada para panitia pemilihan desa untuk melakukan upaya antisipasi agar celah – celah kecurangan dalam Pilkades tak dapat dilakukan oleh oknum – oknum yang tak bertanggung jawab. Esmed menegaskan pihaknya tak akan ikut campur dalam proses Pilkades karena memang itu bukan wewenang mereka. Mereka baru akan bertindak manakala mendapati adanya pelanggaran pidana dalam Pilkades yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Sesuai aturan jika terjadi tindak pidana dan berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban, kami akan mengambil tindakan,” tegas pria kelahiran Provinsi Bengkulu itu.

Sekretaris Kabupaten Lampung Utara, Samsir beserta unsur Forkopimda melepas merpati usai Deklarasi Damai Pilkades.

Berikut 7 butir deklarasi damai tersebut :

Kami calon kepala desa Lampung Utara sepakat untuk melaksanakan Pilkades damai dengan ketentuan sebagai berikut
1. Saling hormat – menghormati antara masing – masing calon dalam melaksanakan Pilkades sesuai dengan perundang – undangan yang berlaku.
2. Tunduk dan taat kepada peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkades, serta akan menjaga‎ ketertiban, mengarahkan pendukungnya masing – masing untuk tidak berbuat anarkis dan menjaga kondusifitas keamanan di desa masing – masing.
3. Menyelesaikan masalah yang ‎dimungkinkan terjadi dengan jalan musyawarah mufakat, menghindari segala bentuk tindak kekerasan, dan provokasi untuk meraih kemenangan.
4. Tidak melakukan praktik jual beli suara, manipulasi suara, politik uang, penyelewengan kepada pemilih, dan panitiaPilkades dalam bentuk apapun.
5. Menghormati proses pemungutan dan perhitungan suara yang dilakukan oleh panitia Pilkades.
6. Menerima dengan ikhlas kekalahan, dan mengakui kemenangan yang sah dari calon kepala desa dalam Pilkades di masing – masing desa sesuai dengan peraturan perundang – undangan.
7. Berkewajiban menyampaikan isi deklarasi kepada seluruh pendukung masing – masing kepala desa.

ADVETORIAL

Loading...