Beranda Pendidikan Ratusan Pelajar SMPN 4 Baradatu Lakukan Sholat Minta Hujan.

Ratusan Pelajar SMPN 4 Baradatu Lakukan Sholat Minta Hujan.

286
BERBAGI

WAYKANAN–Ratusan pelajar beserta dewan guru SMPN 4 Baradatu Kabupaten Waykanan mengikuti rangkaian shalat Istisqo (minta hujan) yang berlangsung mulai pukul 07.30 WIB dengan khidmat. Selain pelajar, masyarakat sekitar di Kampung Sukosari kecamatan Baradatu juga ikut bersama shalat di lapangan upacara SMPN 4 Baradatu Kabupaten Waykanan sekitar 220 km
dari ibukota Provinsi Lampung.

Seusai shalat, guru Agama Islam SMPN 4 Baradatu Sevriyanti, M.Ag mengatakan, shalat Istisqa digelar untuk memohon hujan kepada Yang Mahakuasa setelah  berbagai upaya dilakukan. “Bagi kami ini bagian menyerahkan kepada ketentuan-Nya,” ujar Sevri, Rabu.

Ditambahkanya juga, kemarau berkepanjangan telah menyebabkan kekeringan dan krisis air bersih hampir diseluruh masyrakat Indonesia. Dimana banyak air sumur penduduk kering total termasuk di kabupaten Waykanan.                                  

Untuk itu menyikapi dalam menanggulangi krisis air bersih, siswa kami ajak untuk mengunakan air secukup mungkin atas hujan yang belum kunjung tiba saat ini. “Mengingat kondisi alam dan kebutuhan masyarakat terhadap air bersih, kami berharap doa kami agar diberi hujan terkabul secepatnya,” ujar Sevri lagi.

Selain krisis air bersih, kemarau juga menyebabkan banyak orang tua siswa di SMPN 4 Baradatu yang sebagaian besar petani berkeluh kesah akibat produksi perkebunan dan pertanian tidak sesuai yg diharapkan.

Kepala Sekolah SMPN 4 Baradatu Kabupaten Waykanan Silas Sukirno, S.Pd, mengungkapkan mungkin kemarau panjang ini merupakan  teguran dari Sang Pencipta. Dampak kekeringan terjadi akibat ulah tangan manusia yang tidak bersahabat dengan alam.

“Segala kerusakan di muka bumi ini akibat ulah tangan-tangan manusia. Untuk itu, kami mengajak peserta didik kami untuk sadar dan berinstropeksi diri dengan lebih mencintai alam sekitarnya atas kemarau yang terjadi saat ini,” katanya.

Aan Frimadona Rosa