Ratusan Warga Binaan Lapas Kotaagung Jalani Vaksinasi Covid-19

  • Bagikan
Vaksinasi di Lapas Kotaagung, Rabu (28/7/2021).
Vaksinasi di Lapas Kotaagung, Rabu (28/7/2021).

Siswanto | Teraslampung.com

Kotaagung РLembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung, Tanggamus, melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis pertama bagi  warga binaan pemasyarakatan (WBP), Rabu (28/7/2021). Vaksinasi yang dilakukan bersama Dinas Kesehatan Tanggamus dan UPT Puskesmas Negara Batin itu digelar di Aula Lapas Kotaagung.

Ada 410 penghuni Lapas yang harus diberi vaksin. Agar tidak terjadi kerumunan, vaksinasi rencananya akan dilakukan selama tiga hari berturut-turut.

Kepala Lapas Kotaagung, Beni Nurrahman, mengatakan selain mendukung program pemerintah, dengan vaksinasi diharapkan dapat memberikan perlindungan diri untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 bagi WBP yang berada di dalam Lapas Kotaagung.

“Hal ini juga sebagai tindak lanjut arahan percepatan pemberian vaksin oleh Menteri Hukum dan HAM RI dan Direktrur Jenderal Pemasyarakatan, dalam 3 hari ini kami memberikan vaksinasi tahap pertama kepada WBP kami, hari ini sendiri sudah kami berikan kepada 150 orang, sementara untuk tahap berikutnya akan dijadwalkan kembali,” kata Beni Nurrahman.

Menurutnya, untuk mendapatkan data dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) WBP, Lapas Kotaagung berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tanggamus juga menghubungi keluarga WBP. Karena data tersebut merupakan syarat utama untuk bisa mendapatkan Vaksin Covid-19.

Beni juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Dinas Kesehatan Tanggamus dan UPT Puskesmas Negara Batin atas koordinasi pelaksanaan kegiatan vaksinasi covid-19 bagi WBP Lapas Kotaagung.

“Terima kasih kepada pihak terkait yang telah mendukung dan membantu pelaksanaan kegiatan vaksinasi covid-19 bagi WBP ini, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” pungkas Beni.

Sementara, dokter pelaksana vaksinasi di Lapas Kotaagung, dr.Desi, mengatakan sebelum melakukan vaksinasi pihaknya memberikan penjelasan kepada WBP mengenai pentingnya vaksin bagi tubuh.

“Kami memberikan pemahaman kepada narapidana bahwa vaksin COVID-19 itu aman untuk digunakan dan kita juga menerangkan tahapan pemberian vaksin, mulai dari pendataan, screening kesehatan sampai tahap penyuntikan dosis vaksin itu sendiri. Kita juga menjawab kekhawatiran warga binaan terkait efek yang timbul setelah divaksin,” kata Desi.

  • Bagikan