Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Rekrutmen Anggota Panwaslu Kecamatan di Lampura Dimulai pada Oktober 2017

Rekrutmen Anggota Panwaslu Kecamatan di Lampura Dimulai pada Oktober 2017

812
BERBAGI
Ketua Panwaslu Lampung Utara, Zainal Bachtiar

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Panitia Pengawas Pemilu Lampung Utara (Panwaslu) bakal membuka pendaftaran calon anggota Panwaslu tingkat kecamatan pada bulan Oktober mendatang.

“Perekrutan anggota Panwaslu tingkat kecamatan diperkirakan akan dimulai pada bulan depan,” kata Ketua Panwaslu Lampura, Zainal Bachtiar, Selasa (26/9/2017).

Kendati telah memperkirakan perekrutan sudah dapat dilakukan pada bulan depan, Zainal mengatakan belum dapat‎ memastikan kapan tanggal pasti pembukaan perekrutan tersebut. Sebab, pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung hingga kini belum menetapkan jadwal perekrutan.

“Kalau tanggal pastinya, kami belum tahu karena masih menunggu petunjuk dari Bawaslu,” jelasnya.

Zainal menuturkan, dengan jumlah kecamatan yang berjumlah 23 kecamatan maka total anggota Panwaslu kecamatan di Lampura yang bakal direkrut berjumlah 69 orang. Masing – masing kecamatan akan memiliki tiga anggota Panwaslu.

“Karena Lampura ada 23 kecamatan makan total anggota Panwaslu yang akan direkrut berjumlah 69 orang. Tiap kecamatan akan ada tiga anggota Panwaslu,” terang dia.

Para calon anggota Panwaslu kecamatan, menurut Zainal, harus melalui tiga tahapan agar dapat terpilih menjadi anggota Panwaslu kecamatan. Ketiga tahapan itu, yakni seleksi administrasi, seleksi tes tertulis, dan terakhir tes wawancara. Pelaksanaan tes dan proses penilaian akan melibatkan pihak Bawaslu.

“Setelah hasil tes tertulis keluar maka akan ditetapkan enam besar dari tiap kecamatan untuk mengikuti tes wawancara. Selanjutnya, keenam orang itu akan dikerucutkan menjadi tiga orang untuk ditetapkan sebagai anggota Panwaslu kecamatan,” katanya.

Zainal, para Panwaslu kecamatan yang terpilih mendatang akan dipersiapkan untuk mengawasi pelaksanaan Pemilihan Bupati, Gubernur yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang. Tapi tak menutup kemungkinan mereka juga akan dipersiapkan untuk mengawasi pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden pada tahun 2019 mendatang.

“Jika merujuk pada pengalaman sebelumnya, para Panwascam kecamatan ini tak hanya bertugas untuk Pilbup dan Pilgub tapi juga untuk Pileg dan Pilpres,” terang dia.