Rektor Positif Covid-19, 25 Pegawai Unila Jalani ‘Rapid Test’

  • Bagikan
Juru Bicara Rektor Unila, Nanang Trenggono (kiri), menjelaskan kebijakan Unila setelah Rektor Unila Karomani dinyatakan positif Covid-19.

TERASLAMPUNG.COM–Setelah Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani dan istri terkonfirmasi positif Covid-19 pada 18 November lalu, Rektorat Unila melakukan rapid tes dan uji swab terhadap 25 pegawai Unila.Mereka adalah para pegawai yang memiliki riwayat kontak dengan Karomani.

Ke-25 orang tersebut terdiri atas Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Wakil Rektor  IV, pegawai rektorat, ajudan, dan sopir Karomani.

“Para pegawai yang pernah kontak dengan rektor akan dirapid test. Ada dua yang melakukan kontak secara intens, dengan Rektor yaitu supir dan ajudan. Mereka sudah di rapid tes terlebih dahulu dengan hasil nonreaktif, namun mereka tetap dilakukan tes swab. Hasilnya belum keluar, nanti kalau hasilnya keluar akan kami sampaikan,” kata Juru Bicara Unila Nanang Trenggono saat jumpa pers via daring, Senin (23/11/2020).

Nanang mengatakan, setelah rapid test  Unila menerapkan kebijakan bekerja di kantor bagi pegawai Unila hanya 25 persen sedangkan 75 persen sisanya dilakukan di rumah.

Menurut Nanang kebijakan itu mengacu pada Surat Edaran MenPAN-RB No. 67/2020, tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Tatanan Normal Baru.

Dalam surat tersebut disebutkan, instansi pemerintah dengan kondisi ringan dan sedang, dapat membuat kebijakan bekerja di kantor 25 persen dan bekerja dari rumah 75 persen.

“Nantinya ini akan diterbitkan bersaaman dengan surat edaran dari Wakil Rektor II Unila. Namun untuk penerapan yang dianjurkan Satgas Covid-19, ini harus benar-benar di rumah, tidak hanya mengurangi kehadiran di kampus, tapi juga mengurangi mobilitas keluar rumah seperti tidak ke mall,” katanya.

Terkait kondisi Karomani saat ini, Ketua Tim Satgas Covid-19 Unila Asep Sukohar mengatakan Karomani dan saat ini masih dirawat di ruang isolasi RSU Abdoel Moeloek (RSUAM).

“Kondisi Pak Karomani dan istri membaik. Informasi terakhir, saturasi oksigennya mencapai 98 persen. Artinya kondisi saluran pernafasan Rektor dalam kondisi baik. Ini ditandakan dengan saturasi oksigen atau kandungan oksigen di dalam darah berada dalam kisaran normal,” katanya.

Loading...
  • Bagikan