Beranda Hukum Kriminal Remaja Ini Curi Motor saat Semua Jamaah Sedang Sholat Jumat

Remaja Ini Curi Motor saat Semua Jamaah Sedang Sholat Jumat

342
BERBAGI
KR (17), warga Bulok, Tanggamus tersangka pencurian sepeda motor di halaman Masjid As-Hada di Pekon Tanjung Rusia, Kecamatan Pardasuka, Pringsewu yang diamankan petugas Unit Reskrim Polsek Pardasuka, Pringsewu (foto humas Polsek Pardasuka)
KR (17), warga Bulok, Tanggamus tersangka pencurian sepeda motor di halaman Masjid As-Hada di Pekon Tanjung Rusia, Kecamatan Pardasuka, Pringsewu yang diamankan petugas Unit Reskrim Polsek Pardasuka, Pringsewu (foto humas Polsek Pardasuka)

Zainal Asikin| Teraslampung.com

PRINGSEWU-Aksi pelaku pencurian sepeda motor, tidak hanya dilakukan para pelaku seperti di tempat kosan, halaman rumah, tempat-tempat parkiran seperti di pasar ataupun di jalan. Aksi pencurian kali ini, dilakukan seorang remaja berinisial KR (17), warga Bulok, Tanggamus yang nekat mencuri sepeda motor di halaman Masjid As-Hada di Pekon Tanjung Rusia, Kecamatan Pardasuka, Pringsewu, pada Jumat siang 27 April lalu.

Remaja pengangguran tersebut, datang ke Masjid bukannya menunaikan ibadah sholat Jumat, malah justru mengambil kesempatan mencuri sepeda motor Honda Grand plat nomor B 6645 SU milik salah seorang jamaah bernama Tarmizi (61), warga Pekon Tanjung Rusia, Kecamatan Pardasuka, Pringsewu.

Pada saat korban usai melaksanakan Sholat Jumat, dan akan pulang ke rumahnya merasa kebingungan, karena sepeda motor yang diparkirkan di halaman Masjid sudah raib digondol pencuri. Atas kejadian itu, korban melaporkan kejadian pencurian tersebut ke Mapolsek Pardasuka, Pringsewu.

Kapolsek Pardasuka, AKP Harry Suryadi mengatakan, berdasar atas laporan korban, petugas melakukan penyelidikan dan mendapat titik terang mengenai pelaku pencurian motor tersebut yang dilakukan oleh tersangka KR. Selanjutnya, petugas melakukan pencarian dan penangkapan tersangka KR.

“Kami menangkap tersangka KR di rumahnya, pada Sabtu 28 April 2018. Di rumah tersangka, didapati sepeda motor Honda Grand milik korban yang dicuri tersangka. Selain itu juga, disita kunci pengganti yang digunakan tersangka saat mencuri motor korban,”ujarnya, Minggu 29 April 2018.

Dikatakannya, aksi pencurian motor tersebut, dilakukan tersangka KR saat korban sedang melaksanakan Sholat Jumat di Masjid As-Hada di Pekon Tanjung Rusia, Kecamatan Pardasuka, Pringsewu, pada Jumat siang 27 April lalu.

“Tersangka KR melakukan aksi pencurian, dengan memanfaatkan situasi ketika korban dan juga semua jamaah sedang melaksanakan Sholat Jumat di Masjid tersebut,”ungkapnya.

AKP Harry Suryadi mengutarakan, dari hasil pemeriksaan, tersangka KR mengaku timbul niat mencuri motor, ketika melihat begitu banyak sepeda motor terpakir di halaman Masjid. Lalu tersangka beraksi, setelah para jamaah masuk ke dalam Masjid untuk melaksanakan sholat Jumat.

Awalnya, kata Harry, tersangka KR mendekati beberapa sepeda motor, lalu mencoba memasukkan anak kunci motor yang dimilikinya ke motor yang akan dicurinya. Ternyata tersangka dapat menghidupkan motor tersebut, saat itu juga tersangka langsung kabur membawa motor hasil curian.

“Sebelumnya, tersangka KR sempat mencoba anak kunci itu untuk mencuri motor Honda Revo. Tapi tidak bisa hidup, lalu KR mencari motor lainnya. Begitu dicoba di motor Honda Grand milik korban Tarmizi, langsung hidup dan saat itulah KR langsung membawanya kabur,”terangnya.