Beranda Hukum Remaja ‘Pencabut’ Nisan di Taman Makam Pahlawan Kotabumi Diamankan Polisi

Remaja ‘Pencabut’ Nisan di Taman Makam Pahlawan Kotabumi Diamankan Polisi

224
BERBAGI
DD, remaja yang viral dengan aksi melecehkan makam pahlawan Lampung Utara
DD, remaja yang viral dengan aksi melecehkan makam pahlawan Lampung Utara

Feaby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi–Setelah videonya beredar di medsos dan menjadi viral, remaja yang aksinya mencoba mencabut nisan di Taman Makam Pahlawan Kotabumi, Lampung Utara menuai banyak kecaman itu, kini telah diamankan oleh Polres Lampung Utara. Remaja yang berinisial DD (13) diserahkan oleh pihak keluarganya.

“Tadi malam, DD diantarkan oleh pihak ke Mapolres,” terang Kasat Reskrim Polres Lampung Utara, AKP Gigih Andri Putranto, Senin (2/11/2020).

Gigih mengatakan, pihaknya belum menentukan langkah apa yang akan diberikan atas yang bersangkutan. Masih dilakukan pengkajian terhadap persoalan itu. Namun, sejumlah saksi yang diduga mengetahui kejadian itu telah mereka mintai keterangan.

“Saksi – saksi sudah diambil keterangannya,” terangnya.

Di sisi lain, DD menjelaskan alasan sebenarnya di balik aksi brutalnya tersebut. Alasannya, ia merasa tertantang dengan tantangan yang diajukan oleh teman – temannya kala itu.

Aksi brutalnya itu disaksikan oleh kedelapan temannya di lokasi. Mereka memang biasa bermain di area pemakaman tersebut. Kejadian itu terjadi pada Sabtu (31/10/2020) sekitar pukul 16.00 WIB. Kendati demikian, ia mengatakan, sama sekali tidak mengetahui jika aksinya itu direkam oleh rekan – rekannya.

“Saya minta maaf atas perbuatan saya itu, saya menyesali semuanya,” terang dia sembari menundukkan wajahnya.

‎Sebelumnya, warga Lampung Utara kembali dihebohkan dengan beredarnya video seorang remaja laki – laki yang dengan sengaja melecehkan makam pahlawan di kompleks makam pahlawan, Kotabumi. Video viral yang berdurasi 30 detik itu mulai beredar di grup WhatsApp hingga Facebook sejak Minggu pagi (1/11/2020).

Hingga pukul 20.04 WIB, belum diketahui pasti identitas dan alamat dari remaja laki – laki itu. Namun, berdasarkan rekaman video itu, si perekam aksi ‘biadab’ tersebut menyebut nama remaja itu dengan sebutan Deri.

Dalam video viral itu, terlihat jelas Deri sengaja ‎menginjak – nginjak salah satu makam yang ada di bagian paling bawah. Kesengajaan itu tergambar jelas saat pelaku mengambil ancang – ancang untuk melompat ke atas makam tersebut.

Tak cukup sampai di situ, ‎kebiadaban pelaku terus berlanjut. Dengan santainya pelaku berjalan di atas makam – makam para pahlawan itu. Tercatat ada lima makam yang sengaja dilintasinya.

Lalu berhentikah aksi brutal Deri?ternyata tidak, aksinya malah kian menjadi. Di makam terakhir, pelaku ‎kembali mempertontonkan kebiadabannya. Pelaku sengaja melaku push up di atas makam itu.

Seolah tidak puas, pelaku kemudian menginjak nisan makam itu dengan kaki kanannya. Puncak dari aksi itu, Deri mencoba mencabut nisan dari makam terakhir tersebut di bagian akhir video.

‎Yang lebih mengenaskan lagi dari aksi tersebut, si perekam video yang kemungkinan besar adalah teman remaja itu terdengar terbahak – bahak menyaksikan aksi pelecehan tersebut. Gelak tawa dari remaja putri perekam video terekam jelas. Bahkan, salah satu di antaranya terdengar seperti menginstrusikan remaja itu menginjak – nginjak makam tersebut.

“Teman kita ini barbar. Injak der. Gila kamu ya. Woi. Tobat kamu itu Deri,” ‎kata mereka sembari terbahak – bahak