Beranda News Kabar Desa Reses, Wakil Ketua I DPRD Lamsel Serap Aspirasi Warga Desa Sidomulyo

Reses, Wakil Ketua I DPRD Lamsel Serap Aspirasi Warga Desa Sidomulyo

556
BERBAGI
Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Agus Sartono, A.Md melakukan Reses di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Kamis (12/12/2019).

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN — Mengisi masa reses, Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Agus Sartono, melakukan kunjungan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Kamis (12/12/2019). Pada kegiatan yang digelar di Desa Sidomulyo itu Agus menyerap aspirasi warga desa terkait pembangunan.

Hadid para acara itu antara lain Kades Sidomulyo, Misiran Sanjaya; Kapolsek Sidomulyo Iptu Eddy Iskandar; Kasi Ekobang Sidomulyo, Wayan Santia; perwakilan BPD, LPM, PKK, aparatur desa (Kaur, Kadus dan RT), tokoh masyarakat, tokoh agama dan ratusan warga Desa Sidomulyo.

Pada kesempatan itu Agus banyak menerima masukan warga. Banyak warga menanyakan mengenai pembangunan infrastruktur, pertanian, dan kamtibmas.

Usai acara, Agus Sartono mengatakan agenda reses ini dilakukan tidak lain bertujuan untuk bertemu langsung dengan masyarakat serta menjaring aspirasi masyarakat.

“Berkaitan Reses ini sudah mendapatkan aspirasi dari warga, akan tetapi semua itu akan kita akomodir dan kalau bisa semua usulan warga kita realisasikan dengan kemampuan segala keterbatasan fungsi di Dewan. Tapi juga melalui proses berjenjang secara birokrasi,”ucapnya.

Menanggapi usulan masyarakat terkait pembangunan infrastruktur, pertanian dan lainnya, Agus Sartono mengutarakan, masukan dan usulan dari masyarakat, ia akan menindaklanjutinya dengan memastikan untuk dibahas bersama-sama anggota dewan lainnya. Selain itu juga, ia akan turun langsung ke lokasi untuk mengecek pembangunan di desa di Lampung Selatan yang dibiayai dari anggaran APBD maupun yang menggunakan Dana Desa (DD).

“Banyak hal yang disampaikan masyarakat, kedepannya apa yang menjadi usulan masyarakat akan ditindaklanjuti dan akan kita kawal jangan sampai tidak terealisasi. Saya akan turun langsung cek ke lokasi, jangan sampai di tahun 2020 nanti tidak terserap semua dana yang sudah kita sahkan di dewan sesuai dengan usulan dari eksekutif ,”ungkap politisi dari fraksi PAN ini.

Pembangunan yang dilaksanakan, kata Agus Sartono, tidak hanya pembanguan dan infrastruktur saja, melainkan bidang sumber daya manusia (SDM). Seperti keterampilan, mengadakan pelatihan yang bisa mendapatkan sertifikasi dan keahlian dan menumbuhkan kreatifitas hasil inovasi-inovasi dari warga.

“Pelatihan keterampilan penting dan perlu diberikan, karena nantinya dapat menciptakan tenaga kerja yang memiliki kemampuan (skill). Masyarakat, akan mudah mendapatkannya dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan,”terangnya.

Sementara Kepala desa (Kades) Sidomulyo, Misiran Sanjaya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan, Agus Sartono dengan dilaksanakannya kunjungan kerja (Reses) di desanya tersebut.

“Harapannya, kunjungan kerja Wakil Dewan I Lamsel tadi dapat menampung aspirasi dan keinginan masyarakat dan dituangkan dalam rencana pembangunan sesuai dengan aturan perundang-undangan. Forum ini tadi, kita jadikan pertemuan antara masyarakat dan DPRD Lampung Selatan tentunya dengan kerja keras, sinergitas dan kerjasama semua pihak,”ujarnya.

Diakuinya, Reses DPRD Lampung Selatan periode 2019-2024 ini untuk kali pertamanya. Tidak hanya itu saja, ia dan juga masyarakat Desa Sidomulyo sangat bersyukur dan bangga karena baru kali ini memiliki seorang wakil rakyat yakni Agus Sartono yang berasal dari desanya.

“Ya baru kali ini Desa Sidomulyo punya wakil rakyat. Mudah-mudahan melalui Reses ini, apa yang menjadi usulan masyarakat dapat terlaksana dan Desa Sidomulyo lebih baik dan maju lagi,”ungkapnya.

Misiran pun berpesan, kepada masyarakat Desa Sidomulyo agar selalu menjaga situasi Kamtibmas dilingkungannya masing-masing.