Resmikan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Jokowi Jajal Naik Truk

Presiden Jokowi menjajjal jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dengan naik truk pengangkut pasir (dump truck). Foto: Gede Setiyana
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)  ruas Bakauheni-Terbanggi Besar untuk Seksi I dan Seksi V, di Bakauheni, Minggu (21/1/2018). Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo turut mendampingi Jokowi dalam peresmian tersebut.

JTTS Seksi I adalah rual jalan tol dari Pelabuhan Bakauheni ke Simpang Susun Bakauheni dan seksi V dari Lematang ke Kota Baru Lampung.

Jokowi juga didampingi oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, dan Kepala BPJT Herry TZ.

Presiden Jokowi menyempatkan diri  menjajal langsung ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni menggunakan truk. Peninjauan langsung ini dilakukan Jokowi usai melakukan peresmian.

“Jalan tol ini merupakan proyek strategis pemerintah yang dikebut pembangunannya. Yang paling penting jalan tol. Ini merupakan salah satu proyek strategis nasional bagian dari jalan tol Trans Sumatera,” tutur Jokowi.

Presiden Jokowi, Gubernur Lampung Ridho Ficardo, dan Menteri BUMN pada peresmian jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar , Minggu (21/1/2018). Foto: Gede Setiyana

Sebelum menumpangi truk, Jokowi tampak melihat langsung kesiapan fasilitas pembayaran di gerbang tol tersebut. Hasilnya, seluruh pintu di gerbang tol tersebut sudah menerapkan pembayaran non tunai.

Sedikitnya ada 3 truk yang disediakan untuk menjajal langsung tol. Ketiga truk tersebut digunakan Jokowi beserta rombongan menuju Simpang Susun Bakauheni sekitar 8,9 kilometer (km).

Untuk mendukung JTTS, Pemprov Lampung melepas lima aset yang dimiliki berupa lahan sebagai bentuk konsekuen dan konsistensi dukungan pemerintah daerah terhadap pembangunan JTTS.

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) I Gusti Ngurah Putra mengatakan pihaknya telah menyelesaikan pembangunan ruas Tol Trans Sumatera Seksi I yang panjangnya 8,90 km dan Seksi 5 sepanjang 5,64 km.

“Seksi 1 merupakan bagian pengerjaan paket 1 Bakauheni-Sidomulyo, sedang seksi 5 merupakan bagian paket 2 Sidomulyo-Kota Baru,” ujar Putra.

Pengerjaan jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dilakukan melalui sinergi BUMN, yakni antara Hutama Karya dengan 4 BUMN konstruksi lainnya, yaitu PP, WIKA, Waskita Karya, dan Adhi Karya.