Beranda News Pusiban Resmikan Pasar Kreatif dan Seni Way Halim, Ini Harapan Wagub Lampung

Resmikan Pasar Kreatif dan Seni Way Halim, Ini Harapan Wagub Lampung

85
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim membuka acara sekaligus meresmikan Pasar Kreatif dan Seni (Paksi) Way Halim, di Bandarlampung, Sabtu (25/7).

Kegiatan yang ditaja Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) dan Asosiasi Ekonomi Kreatif Nusantara (AEKEN) pada masa tatanan normal baru ini digelar untuk memulihkan ekonomi masyarakat pada masa pandemi covid-19 ini mendapat sambutan positif dari pemerintah Provinsi Lampung dan masyarakat.

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim didampingi Kadis Parekraf Provinsi Lampung Edarwan dan Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad dalam sambutannya menegaskan anggaran pertumbuhan ekonomi kreatif akan di maksimalkan.Baik melalui APBD Perubahan tahun 2020 termasuk di APBD tahun 2021 yang akan datang.

“Industri kreatif dan wisata harus didorong karena saling terkait dalam rangka membuka kesempatan luas dunia pariwisata. Contohnya seperti di Bali ekonomi kreatif dan wisatanya bisa berjalan maksimal,” tandas Chusnunia.

Kadis Pariwisata Provinsi Lampung Edarwan menambahkan salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap sektor ekonomi kreatif dengan memfasilitasi terselenggaranya acara ini. “Kegiatan ini bisa digelar juga karena dorongan dari teman-teman pelaku ekonomi kreatif yang berada`dalam naungan Asosiasi Ekonomi Kreatif Nusantara (AEKEN) Lampung,” terang Edarwan.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Ekonomi Kreatif Nusantara (AEKEN) Lampung, Agusta Agil Wibowo mengatakan, Paksi ini bertujuan agar terciptanya sinegi dan ekosistem ekonomi kreatif yang terintegrasi dengan pariwisata. Pada kesempatan ini AEKeN sebagai mediator bersama dinas pariwisata dan ekonomi kreatif menandatangani kerjasama sistem operasi (KSO) kerjasama antara pelaku, akademisi, media, komunitas dan pemerintah.

Dibeberkannya, sementara ini ada 12 pondok untuk mengakomodir 16 sub sektor ekonomi kreatif. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan dilengkapi dengan panggung terbuka, taman dan penambahan ruang,” terang Agil panggilan karib Ketua AEKeN Provinsi Lampung ini.

Agil berharap ke depannya bersama AEKeN Provinsi Lampung bisa menjadi bagian dari dunia global dengan mengedepankan sumber daya manusia dan produk ekonomi kreatif yang berdaya saing. “Ke depan diharapkan produk-produk ekonomi kreatif Lampung bisa bersaing dan sejajar dengan daerah lainnya,” ujar Agil optimistis.

Loading...