Beranda Hukum Ribuan Dokter Galang Tanda Tangan Bela Ayu

Ribuan Dokter Galang Tanda Tangan Bela Ayu

37
BERBAGI

Bandarlampung,Teraslampung.com – Ribuan dokter di Lampung hari ini menggelar doa bersama sekaligus membubuhkan tanda tangan di atas kain putih sepanjang 10 meter sebagai pernyataan memberikan dukungan moril pada dr Ayu yang tengah tersangkut hukum.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Lampung Boy Zaghlul Zaini mengatakan, jika dokter dipersalahkan dalam setiap tindakan medisnya, hal itu akan menimbulkan preseden buruk bagi dokter itu sendiri.

“Tentu akan ada ketakutan bagi para dokter yang mengambil tindakan medis, padahal tujuannya ingin membantu menyelamatkan pasien. Karena adanya risiko itu akhirnya kami tidak mengambil tindakan itu,” kata Boy Zaghlul Zaini, di Bandarlampung, Rabu (26/11/2013).

Selain di Bandarlampung aksi serupa juga dilakukan dokter-dokter yang ada di sejumlah daerah dan kota di Bandarlampung. Meskipun hari ini, ribuan dokter di Lampung menggelar aksi, Boy memastikan pihaknya tetap melakukan pelayanan medis. “Kami tetap melayani pasien, terutama pasien darurat tetap dilayani,” kata dia lagi.

Sementara itu pantauan di pelayanan poliklinik Rumah Sakit Umum Kota Bandarlampung Dadi Djokrodipo nampak lengang. Salah satu petugas layanan RS Dadi Djokrodipo Wira mengatakan hari ini dokter masih memberi pelayanan.

Hanya dokter kandungan yang tidak membuka praktek. “Kami sudah meminta izin pada Wali Kota Bandarlampung untuk tidak memberi layanan bagi pasien yang mengandung,” ujar dia. (kpo)