Beranda News Nasional Ribuan Nelayan Lampung Ikut dalam Kemeriahan Peringatan HUT ke-43 HNSI Bersama Menteri...

Ribuan Nelayan Lampung Ikut dalam Kemeriahan Peringatan HUT ke-43 HNSI Bersama Menteri Susi

132
BERBAGI
Para nelayan Lampung menyambut Menteri Susi Pudjiastuti, di TPI Lempasing, Pesawaran, Lampung, Sabtu (28/5).

Zainal Asikin|Teraslampung.com

PESAWARAN – Ribuan nelayan Lampung turut larut dalam kemeriahan peringati Hari Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) ke-43 yang digelar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lempasing, Telukbetung, Bandarlampung, Sabtu (28/5/2016) pagi. Acara perayaan HUT ke-43 HNSI tersebut, mengusung tema “Nelayan Sejahtera, Negara Kuat”.

Baik nelayan yang diundang untuk hadir maupun yang hanya mengikuti jalannya upacara dari atas kapal atau pinggir pantai, mereka terlihat gembira dan ingin berjabat tangan dengan Menteri Susi Pudjastuti.

Pantauan teraslampung.com, ribuan masyarakat nelayan lampung, baik tua maupun muda serta anak-anak tampak berjubel memadati lokasi perayaan HUT ke 43 HNSI di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lempasing, Telukbetung. Mereka ingin melihat secara langsung acara perayaan HUT tersebut, yangdihadiri langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Ribuan nelayan Lampung antusias mengikuti upacara peringatan HNSI di TPI Lempasing.
Ribuan nelayan Lampung antusias mengikuti upacara peringatan HNSI di TPI Lempasing.

Ribuan nelayan tersebut, selain memadati tenda-tenda yang sudah disediakan bahkan ada juga mereka yang harus berdiri dengan berdesak-desakan bahkan ada juga yang menyaksikan acara perayaan HUT HNSI dari atas kapal-kapal yang bersandar tidak jauh dari TPI.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Lampung, Marzuki saat diwawancarai dilokasi perayaan HNSI di TPI Lempasing mengatakan, pelaksanaan acara peringatan HUT ke-43 HNSI ini, berlangsung sejak tanggal 25 Mei 2016 lalu, untuk acara puncaknya dilaksanakan pada hari ini yang dihadiri langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Ketua HNSI Indonesi dan Gubernur Lampung.

“Pada acara puncak ini, akan dilakukan penandatanganan memorandum of understanding (MOU) oleh ketua HNSI Indonesia bersama Menhan, lalu penyerahan bantuan untuk  nelayan,”kata Marzuki kepada teraslampung.com, Sabtu (28/5/2016).

Menteri Susi Pudjiastuti dan Ketua HNSI Mayjen (Mar) Yusuf Solisichien (baju biru_dalam peringatan HUT HNSI di TPI Lempasing, Sabtu (28/5).
Menteri Susi Pudjiastuti dan Ketua HNSI Mayjen (Mar) Yusuf Solisichien (baju biru_dalam peringatan HUT HNSI di TPI Lempasing, Sabtu (28/5).

Selain itu juga, kata Marzuki, akan dilakukan acara adat yang seperti biasa dilakukan para nelayan, yakni larung laut dan acara larung laut sendiri akan diikuti oleh ribuan nelayan lampung dengan menggunakan sekitar 50 kapal nelayan menuju Pulau Condong.

“Acara larung laut dimulai setelah ibu menteri, Ketua HNSI Indonesi dan Bapak Gubernur Lampung memberikan sambutan dan arahan kepada masyarakat nelayan lampung,”ungkapnya.

Dikatakannya, pelaksanaan HUT HNSI ke-43 yang digelar di Lampung ini, harapannya, bisa menjadi motivasi dan penyemangat khusunya para nelayan lampung untuk lebih baik.