Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Ribuan Tenaga Honorer K2 di Lampura Tuntut Penerimaan CPNS Ditunda

Ribuan Tenaga Honorer K2 di Lampura Tuntut Penerimaan CPNS Ditunda

220
BERBAGI
PNS (ilustrasi)

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Ribuan tenaga honorer kategori 2 Indonesia (FHK2I-I) Lampung Utara ‎menuntut pemerintah pusat menunda penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) umum tahun 2018. Alasannya, banyak dari mereka yang tidak dapat mengikuti penerimaan CPNS ini akibat terbentur aturan.

“Kami minta pemerintah pusat menunda penerimaan CPNS umum karena hampir sebagian besar dari kami‎ tidak memenuhi kriteria untuk mengikuti tes CPNS kali ini,” tegas Ketua FHK2-I Lampura, Denti Sriwati melalui ponselnya, Senin (24/9/2018).

Kriteria yang dimaksudnya ialah aturan tentang batas usia maksimal 35‎ tahun dan harus sudah Strata I terhitung sejak tahun 2013 bagi honorer guru. Adanya kedua kriteria membuat peluang mereka untuk menjadi PNS semakin kecil atau boleh dikatakan tertutup.

“Kedua kriteria itu sama saja membunuh peluang kami untuk menjadi PNS. Hampir sebagian besar dari kawan – kawan tidak memenuhi kriteria itu,” paparnya.

BACA: Ribuan Tenaga Honorer K2 Pemkab Lampura tak Bisa Daftar Penerimaan CPNS

Pihaknya menginginkan pemerintah pusat menghapus kebijakan tersebut dan mengangkat seluruh tenaga honorer sebagai PNS tanpa meihat batas usia maupun persyaratan administrasi lainnya.

“Kami minta pemerintah pusat mengangkat kami sebagai PNS tanpa ada batasan usia,” tandas dia.

Besok, FHK2-I akan sampaikan aspirasinya kepada lembaga DPRD Lampura

Pelbagai tuntutan ini akan mereka sampaikan secara langsung kepada pihak DPRD selaku perpanjangan tangan mereka‎ pada esok hari. Tujuannya supaya pihak eksekutif dan legislatif Lampura mau memperjuangkan aspirasi dan harapan yang selama ini mereka perjuangkan.

“Besok, seluruh tenaga honorer akan melakukan dzikir dan doa bersama di depan kantor DPRD Lampura usai menyampaikan aspirasi dan tuntutan kepada lembaga DPRD,” katanya.

Sebelumnya, harapan ribuan tenaga honor kategori II Lampung Utara yang berusia di atas 35
untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pupus sudah. Pasalnya, tenaga honor K II yang berusia di atas 35 tahun dipastikan tak dapat mengikuti penerimaan calon PNS pada bulan September tahun ini.

Kondisi ini kian diperparah dengan minimnya ketersediaan kuota penerimaan CPNS untuk K II Lampung Utara yang hanya berjumlah 14 orang saja. Jumlah ini jelas sangat jauh dari kata cukup karena total tenaga honor K II Lampura sendiri berjumlah 1.039 orang atau jika dipersentasekan hanya sekitar 1,7 persen saja.

“Umur maksimal tenaga honor K II yang dapat mendaftar untuk ikut tes CPNS harus 35 tahun pada 1 Agustus 2018. Di atas usia it‎u dipastikan pendaftaran mereka akan ditolak oleh sistem pendaftaran yang dilakukan secara online,” terang Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lampung Utara, Hamdani‎ belum lama ini.