Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Roboh, Pagar Tembok Islamic Center Kotabumi Nyaris Hancurkan Rumah Warga

Roboh, Pagar Tembok Islamic Center Kotabumi Nyaris Hancurkan Rumah Warga

259
BERBAGI
Kepala Bidang Cipta Karya DPUPR Lampung Utara, Suhardi ‎meninjau lokasi korban reruntuhan pagar tembok Islamic Center Kotabumi, Minggu (26/12/2020).
Kepala Bidang Cipta Karya DPUPR Lampung Utara, Suhardi ‎meninjau lokasi korban reruntuhan pagar tembok Islamic Center Kotabumi, Minggu (26/12/2020).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Satu unit rumah warga nyaris roboh tertimpa reruntuhan pagar tembok kompleks Islamic Center Kotabumi, Lampung Utara yang roboh‎ pada Sabtu (26/12/20202) sekitar pukul 16.00 WIB. Beruntung tak ada korban jiwa akibat musibah tersebut lantaran pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri.

Pantauan di lokasi, rumah yang nyaris roboh itu berada di samping pagar tembok kompleks Islamic Center Kotabumi. Letaknya di belakang Pasar Sentral Kotabumi. Rumah yang terbuat dari papan dan anyaman bambu itu milik seorang janda tua yang bernama Salimah.

“Saya sedang berada di ruang tamu saat kejadian itu berlangsung. Saat itu memang hujan sangat deras disertai angin kencang,” terang Salimah, korban reruntuhan tembok kompleks Islamic Center Kotabumi, Minggu (27/12/2020).

Salimah menceritakan, ia berhasil menyelamatkan diri karena saat kejadian ia telah melihat pagar tembok di bagian depan rumahnya telah terlebih dulu roboh sebelum pagar yang di samping rumahnya roboh. Jika saja ia telat mengambil keputusan maka kemungkinan besar ia akan tertimpa reruntuhan tersebut. Hal itu dikarenakan letak ruang tamu berada persis di samping pagar tembok yang roboh.

“Saya dan anak saya langsung ke luar rumah melalui pintu ke belakang,” kisah perempuan paruh baya tersebut.

Ia berharap, Pemkab Lampung Utara dapat membantu memperbaiki rumahnya yang rusak akibat musibah itu. Selain itu, ia juga mengharapkan pagar tembok lainnya yang kelihatannya tidak kokoh untuk segera dirobohkan.

“Harapa‎nnya, pemerintah mau membantu untuk memperbaiki rumah saya,” harapnya.

Mendapati musibah tersebut, tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Lampung Utara langsung bergerak untuk membersihkan puing – puing pagar tembok yang berserakan di depan rumah warga. Satu unit alat berat dikerahkan untuk melakukan hal itu.

“Saat ini, tim sedang membersihkan reruntuhan pa‎gar tembok itu,” kata Kepala Dinas PUPR Lampung Utara, Syahrizal Adhar.

Menurut Syahrizal, selain membersihkan puing – puing pagar, pihaknya juga akan membantu memperbaiki rumah warga yang menjadi korban musibah ini. Pagar tembok yang terlihat tidak kokoh akan segera dirobohkan sebelum menimbulkan kerusakan lainnya.

“Hari ini juga pagar tembok yang terlihat goyah akan segera dirobohkan,” jelasnya.