Beranda Teras Berita Rokok Dongkrak Angka Kemiskinan

Rokok Dongkrak Angka Kemiskinan

155
BERBAGI
Adhi Wiriana (teraslampung.com/Lima)

Bandarlamung, Teraslampung.com—Kepala Badan  Pusat Statistik (BPS) Adhi Wiriana menyatakan salah satu faktor makro penyebab kemiskinan adalah bahan-bahan makanan di antaranya adalah rokok.

“Jumlah perokok dari kalangan penduduk miskin sampai saat ini sulit ditekan. Secara nasional  perokok persentasenya meningkat tajam , termasuk perempuan yang tadinya hanya 4  persen. Bahkan sekarang perempuan perokok naik menjadi 7 sampai 8 persen,” kata Adhi Wiriana, dalam konferensi pers di Pemprov Lampung, Senin (7/4).

Menurut Adhi, seharusnya para perokok dari kelompok masyarakat miskin berpikir tentang masa depan keluarganya dan bisa berhemat. “Lebih baik uangnya digunakan untuk biaya pendidikan anak,” kata dia.

Meski  pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan agar jumlah perokok berkurang dengan iklan di televise dan radioyang dibatasi dan  iklan hanya  ditayangkan saat jam 21.00 WIB ke atas.

“Namun nampaknya upaya ini tidaklah berhasil.  Malahan justru dengan adanya tayangan iklan-iklan  rokok yang ada di televisi  justru   menarik   generasi muda termasuk kaum perempuan untuk ikut merokok,”ujarnya.

Provinsi Lampung hingga saat ini masih menenpati peringkat ketiga provinsi termiskin se-Sumatera setelah Aceh dan Bengkulu.

Loading...