Beranda BOLA Euro Piala Eropa 2016: Ronaldo Tumpul, Persaingan Grup F Memanas

Piala Eropa 2016: Ronaldo Tumpul, Persaingan Grup F Memanas

261
BERBAGI
Pemain Islandia, Birkir Bjarnason, melakukan selebrasi usai menjebol gawang Portugal (Foto: Getty Images)

Teraslampung.com Cristiano Ronaldo gagal memenuhi ujian pertamanya di Piala Eropa 2016. Ternyata ketajaman megabintang Real Madrid ini tumpul. Ia tidak bisa mencetak gol ke gawang Islandia di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Prancis, Rabu (15/6) pagi WIB.

Memang, Ronaldo dijaga ketat para pemain Islandia. Hingga Luis Nani lah yang kemudian muncul sebagai pencetak gol Seleccao das Quinas di menit 31. Sayang, akhirnya Islandia, negeri yang menurut Ronaldo tidak pantas ikut Euro, mampu menyamakan kedudukan 1-1.

Pelatih Islandia, Heimir Hallgrímsson, menyatakan permainan tim sangat dibutuhkan untuk bisa mengunci pergerakan Ronaldo. Menurut pelatih 49 tahun ini, mematikan Ronaldo berarti mematikan permainan Portugal. Karena itu, ia memang sengaja mengerahkan pemain satu timnya untuk membuat CR7, julukan Ronaldo, tidak bisa bergerak dengan bebas.

“Itu semua berkat kerja sama tim. Anda tidak bisa menempatkan hanya satu orang pemain untuk menghentikan pemain seperti Cristiano. Kami butuh banyak pemain untuk menutup pergerakannya,” kata Hallgrimsson.

Kekalahan Portugal, plus kemenangan Hongaria atas Austria 2-0 membuat persaingan di grup ini memanas. Karena sebenarnya di Grup F ini Portugal dan Austria merupakan timnas yang dijagokan lolos ke babak berikutnya alias 16 besar.

Namun, segalanya kini berantakan. Meski Portugal tetap optimis bisa lolos ke perdelapanfinal. Di klasemen sementara Grup F, Hongaria berada di tempat pertama, Portugal kedua, Islandia ketiga, dan Austria keempat. Ini berati pada pekan kedua fase grup perjalanan keempat tim untuk melaju ke babak 16 besar semakin ketat.

Meski kecewa dan frustrasi dengan hasil melawan Islandia, Ronaldo memang tetap optimistis dengan peluang timnya. Lelaki 31 tahun ini menyebut Portugal dapat meraih kemenangan pada laga selanjutnya.

“Kalah dari Islandia memang membuat kami sedikit frustrasi, namun ini hanyalah permulaan, kami tidak khawatir tentang itu. Jika Anda lihat Spanyol, Prancis, mereka adalah tim-tim terkuat di turnamen, tetap memiliki momen yang sulit untuk menang,” tutur Ronaldo.

“Jadi, untuk kami, imbang dengan Islandia adalah memang sulit, namun kami tetap percaya diri. Kami 100 persen yakin kami akan memenangkan laga berikutnya,” tandasnya.

Akhir pekan nanti, Portugal akan ditantang Hongaria, Minggu (19/6) mulai pukul 02.00 WIB. Dengan laga sebelumnya Islandia bertemu Hongaria, Sabtu (18/6) mulai pukul 23.00 WIB.

Loading...