Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan RSUD Bob Bazar Kalianda Dikabarkan Rawat Pasien Suspect Corona

RSUD Bob Bazar Kalianda Dikabarkan Rawat Pasien Suspect Corona

581
BERBAGI
Ruang UGD RSUD Bob Bazar Kalianda, Lampung Selatan. Foto: Teraslampung/Zainal Asikin

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN–RSUD BOB Bazar Kalianda, Lampung Selatan, dikabarkan merawat salah sorang pasien warga Kecamatan Sragi, Lampung Selatan yang diduga suspect virus Corona (Covid-19), Senin (16/3/2020).

Berdasarkan informasi yang terima teraslampung.com, pasien tersebut berinisial AS (37), warga Desa Mandala Sari, Kecamatan Sragi belum lama ini pulang dari luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Setelah beberapa hari tinggal di kampung halamannya, AS mengalami sakit yang gejalanya ditimbulkan diduga seperti mirip seperti pasisen suspect Corona. AS yang sebelumnya dilakukan pemeriksaan medis di Kecamatan Sragi, karena menunjukkan gejala awal langsung dirujuk ke RSUD Bob BazarKalianda.

Selanjutnya, pasien tersebut dilakukan penanganan awal dengan pemeriksaan Thorax. Yakni Rontgen dada atau foto dada yang menunjukkan jantung, paru-paru, saluran pernapasan, pembuluh darah, dan nodus limfa.

Salah seorang petugas RSUD Bob Bazar yang enggan disebutkan namanya kepada teraslampung.com membenarkan kalau Rumah Sakit Bob Bazar menerima menerima salah seorang pasien rujukan dari Kecamatan Sragi. Namun, ia enggan menjelaskan lebih lanjut terkait hal tersebut.

“Ya benar, ada pasien rujukan dari Sragi. Tapi saya tidak tahu jelasnya mengenai pasien tersebut, ya silahkan saja nanti tanya langsung sama Kepala ruangan UGD atau langsung sama Ibu Direktur RSUD Bob Bazar,”ucapnya seraya menyatakan petugas tidak boleh memberikan keterangan apa pun mengenai hal tersebut.

Sementara menurut salah seorang petugas jaga RSUD Bob Bazar, sudah melaporkan ke kepala ruangan UGD bapak Koharudin. Namun, beliau sedang ada rapat diruangan atas bersama ibu Direktur RSUD Bob Bazar.

“Saya sudah sampaikan, pesan pak Khoharudin tadi suruh menunggu karena sedang rapat. Nanti setelah rapat selesai, baru akan menemui dan memberikan keterangan resmi kepada rekan-rekan media,”ujarnya.

Terpisah, Camat Sragi, Hipni saat dikonfirmasi melalui ponselnya membenarkan ada seorang warganya asal Desa Mandala Sari dilarikan ke RSUD Bob Bazar pagi tadi diduga suspect Virus Corona. Menurutnya, warga tersebut menujukan gejala awal, makanya segera dirujuk ke RSUD Bob Bazar. Karena pihak medis di Kecamatan Sragi tidak ingin mengambil resiko jika benar-benar terjangkit.

“Itu baru dugaan, tapi yang bisa memastikan tentunya pihak rumah sakit. Langkah segera merujuk ini, sebagai bentuk antisipasi. Jadi sekecil apapun kemungkinannya, langkah awalnya jangan sampai ada warga yang terpapar virus Corona apalagi sampai menyebar,”ujarnya kepada teraslampung.com

Saat disinggung apakah warga tersebut benar baru pulang dari luar negeri, Hipni menegaskan, pihaknya belum bisa memastikan apakah warga tersebut memang baru pulang bekerja dari luar negeri atau tidak.

“Ada yang mengabarkan, kalau baru pulang bekerja dari Hongkong, tapi ada juga yang menyebutkan baru pulang dari Arab Saudi dan ini kami masih kita cek kebenarannya,”ungkapnya.

Dikatakannya, saat ini Kepala desa (Kades) tempat tinggal pasien tersebut, sudah bertolak ke RSUD Bob Bazar untuk memastikan kabar tersebut agar tidak terjadi simpang siur dan membuat kehebohan warga.

“Saya meminta kepada warga, agar tetap tenang karena masalah ini sudah ada bagian yang menangani dan kompeten yang menyampaikan benar atau tidaknya mengenai virus Covid-19. Oleh karena itu, mari sama-sama kita jaga kebersihan badan kita dan lingkungan sekitar kita,”pungkasnya.