Rumah Suparno di Kotabumi Udik Ludes Terbakar

Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby Handana/Teraslampung.com

Rumah Suparno (45) di Dusun Muara Jaya, Kotabumi Udik, Lampung Utara yang hangus terbakar.

KOTABUMI-  Rumah milik Suparno (45) di RT V/LK VI, Dusun Muara Jaya, Kelurahan Kotabumi Udik, Lampung Utara hangus terbakar, Selasa (6/10) sekitar pukul 11:00 WIB.

Akibat kebakaran tersebut, dua unit motor yakni Yamaha RX-King dan Honda Supra Fit milik pedagang bakso yang biasa berjualan di Pasar Ganefo itu hangus terbakar. Selain itu, 17 semen titipan masjid yang tak jauh dari kediaman korban turut hangus terbakar.

Rizal, warga sekitar menceritakan, api dengan cepat menghanguskan rumah tersebut karena rumah itu terbuat dari papan dan geribik (anyaman bambu). ‎Menurutnya, sumber api berasal dari arah dapur rumah yang ‎digunakan hanya untuk membuat bakso. Karena beberapa jam sebelum kejadian, pemilik rumah diketahui sedang menjalankan aktivitasnya memasak bakso dagangannya.

“Api berasal dari arah dapur dan langsung menyebar ke bagian tengah rumah. Sumber api mungkin dari bara api bekas tungku masak,” kata dia di lokasi.

Rizal  mengatakan, sesaat setelah api mulai menyambar ‎sempat terdengar dua kali suara ledakan. Diperkirakan sumber ledakan berasal dari kedua tangki motor atau tabung gas yang meledak yang berada di dalam rumah. “Tadi sempat ada dua kali suara‎ ledakan dari dalam rumah,” tuturnya.

Sementara, Enah (40), pemilik rumah mengatakan saat kejadian ia dan suaminya sedang berjualan bakso di pasar. ‎Begitu mendengar kabar tersebut, ia dan suaminya langsung bergegas pulang. “Enggak tahu kenapa. Saat kebakaran, kami masih di pasar,” kata dia dengan terbata – bata.

Tim Identifikasi Polres Lampung Utara menggelar olah Tempat Kejadian Perkara untuk mengetahui penyebab kebakaran yang menghanguskan rumah Suparno.

Di dalam rumah, menurut Enah lagi, terdapat dua unit motor yakni motor Honda Supra Fit dan Yamaha RX-King‎ dan 17 sak semen titipan dari masjid yang tak jauh dari rumahnya. “Selain perabotan rumah, di dalam itu ada dua sepeda motor dan 17 sak semen milik masjid,” terangnya

Sementara, Lurah Kotabumi Udik, Desputra Adami memperkirakan total kerugian sementara akibat kebakaran tersebut mencapai sekitar Rp50 juta. ‎”Perkiraan sementara, total kerugiannya mencapai sekitar Rp50 juta,” kata dia.